Jembatan Avur Besuk Baru Difungsikan H-5 Lebaran, Sementara Pengendara Melalui Jembatan Belly

Jembatan Avur Besuk Baru Difungsikan H-5 Lebaran, Sementara Pengendara Melalui Jembatan Belly

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pembangunan jembatan Avur Besuk, Jombang untuk jalur fungsional kembali molor. Jembatan penghubung tol Jombang-Mojokerto (JoMo) dengan tol Solo-Kertosono (SoKer) ini baru bisa dilalui H-5 lebaran.

Hal itu dikatakan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. Menurut dia, kontruksi jembatan sudah rampung. Hanya saja masih menunggu benar-benar kering untuk bisa dilalui kendaraan pemudik.

"Ini masih menunggu kematangan konstruksi jembatan," kata Machfud kepada wartawan saat meninjau jembatan tersebut, Sabtu (9/6/2018).

Konstruksi jembatan yang membentang sepanjang 50,81 meter di atas sungai avur Besuk itu, baru dituntaskan satu lajur dari arah Surabaya ke Ngawi. Arus lalu lintas akan diberlakukan satu arah. Namun, kondisi jembatan masih basah sehingga belum bisa dilalui kendaraan.

Untuk sementara, pemudik dari tol JoMo yang akan menuju jalur fungsional Wilangan-Kertosono ruas tol SoKer, diarahkan melalui jembatan belly di sebelah jembatan avur Besuk. Jembatan avur Besuk sendiri baru bisa dilalui pemudik pada Minggu (10/6/2018) atau H-5 lebaran.

"Mudah-mudahan besok (jembatan avur Besuk) dibuka untuk fungsional," ujar Machfud.

Jembatan ini bakal menghubungkan ruas tol JoMo dengan tol SoKer. Dengan begitu, pemudik dari arah Surabaya bisa langsung masuk ke seksi Kertosono-Wilangan tanpa keluar ke jalur arteri. Pembangunan jembatan tersebut sempat terganjal ambruknya launcher girder, Senin (21/5/2018).

Seksi Kertosono-Wilangan sepanjang 38 Km akan difungsionalkan untuk jalur mudik lebaran. Fungsionalisasi ruas tol Solo-Kertosono sendiri untuk mencegah kemacetan yang biasa terjadi di simpang Bangjuri (Jombang-Ngajuk-Kediri). Persimpangan ini juga biasa disebut simpang Mengkreng. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO