Senin, 21 Oktober 2019 06:11

​Jaga Toleransi, Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama

Jumat, 08 Juni 2018 21:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
​Jaga Toleransi, Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama
Antusias warga sekitar Klenteng memadati lokasi buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio, Jumat (8/6) sore.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga Tri Dharma yang terdiri dari keturunan yakni, Konghucu, Budha dan Tionghoa di Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki cara tersendiri untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

Setiap bulan suci ramadan tiba, mereka menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim maupun umat lainnya di Bojonegoro, tepatnya setiap hari Jumat.

Seperti yang terlihat pada, Jumat (8/6) sore, antusias warga sekitar Klenteng memadati lokasi buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Bojonegoro itu.

Buka puasa bersama ini diselenggarakan setiap hari Jumat pada bulan ramadhan. Uniknya, umat muslim yang datang mengikuti buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro dari tahun ke tahun terus bertambah.

Mereka tampak guyub rukun dengan warga keturunan Tionghoa. Mulai anak-anak, ibu rumah tangga, hingga pemuda dan orang tua jadi satu menikmati makan gratis yang disediakan pihak Klenteng. Menunya pun selalu sama setiap jumatnya, yakni nasi rawon dan es blewah.

"Tujuannya agar umat satu dengan lainnya saling menghargai. Semakin tumbuh rasa toleransi dan rasa saling menghormati antar umat beragama di Bojonegoro, sehingga mampu menjalin kebersamaan dengan baik," kata Tan Tjien Hwat selaku ketua TITD Hok Swie Bio usai buka puasa bersama.

Lanjut dia, dengan diadakannya buka puasa bersama itu diharapkan dapat terbentuknya rasa keharmonisan antar umat beragama di Bojonegoro. "Tentu juga agar selalu damai, dan guyub rukun," tambahnya.

Tan menambahkan, setiap Jumat pengurus Klenteng menyediakan sebanyak 500 porsi nasi rawon. Hebatnya lagi, kegiatan buka puasa bersama tersebut sudah berjalan selama 15 tahun terakhir. (nur/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...