Sabtu, 07 Desember 2019 20:45

​Jaga Toleransi, Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama

Jumat, 08 Juni 2018 21:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
​Jaga Toleransi, Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama
Antusias warga sekitar Klenteng memadati lokasi buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio, Jumat (8/6) sore.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga Tri Dharma yang terdiri dari keturunan yakni, Konghucu, Budha dan Tionghoa di Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki cara tersendiri untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

Setiap bulan suci ramadan tiba, mereka menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim maupun umat lainnya di Bojonegoro, tepatnya setiap hari Jumat.

Seperti yang terlihat pada, Jumat (8/6) sore, antusias warga sekitar Klenteng memadati lokasi buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Bojonegoro itu.

Buka puasa bersama ini diselenggarakan setiap hari Jumat pada bulan ramadhan. Uniknya, umat muslim yang datang mengikuti buka puasa bersama di Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro dari tahun ke tahun terus bertambah.

Mereka tampak guyub rukun dengan warga keturunan Tionghoa. Mulai anak-anak, ibu rumah tangga, hingga pemuda dan orang tua jadi satu menikmati makan gratis yang disediakan pihak Klenteng. Menunya pun selalu sama setiap jumatnya, yakni nasi rawon dan es blewah.

"Tujuannya agar umat satu dengan lainnya saling menghargai. Semakin tumbuh rasa toleransi dan rasa saling menghormati antar umat beragama di Bojonegoro, sehingga mampu menjalin kebersamaan dengan baik," kata Tan Tjien Hwat selaku ketua TITD Hok Swie Bio usai buka puasa bersama.

Lanjut dia, dengan diadakannya buka puasa bersama itu diharapkan dapat terbentuknya rasa keharmonisan antar umat beragama di Bojonegoro. "Tentu juga agar selalu damai, dan guyub rukun," tambahnya.

Tan menambahkan, setiap Jumat pengurus Klenteng menyediakan sebanyak 500 porsi nasi rawon. Hebatnya lagi, kegiatan buka puasa bersama tersebut sudah berjalan selama 15 tahun terakhir. (nur/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...