Pastikan Mudik Aman, Sopir Bus di Terminal Tuban Dites Urin

Pastikan Mudik Aman, Sopir Bus di Terminal Tuban Dites Urin Sejumlah sopir saat menjalani tes urine.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan dari Badan Narkotika Negara (BNN), Dishub, TNI-Polri, dan petugas terminal melakukan tes urin dan pemeriksaan kesehatan kepada sejumlah sopir bus di Terminal Kambang Putih Kabupaten Tuban, Selasa (6/6).

Pemeriksaan ini sebagai langkah untuk memastikan keselamatan berlalulintas menjelang mudik lebaran 1439 Hijriah. Bus dari arah Semarang menuju Surabaya atau sebaliknya semua diarahkan masuk ke dalam terminal untuk dilakukan pemeriksaan.

Tidak hanya para pengemudi yang diperiksa, barang-barang milik penumpang juga tidak luput dari pemeriksaan petugas. Kegiatan ini sempat mengagetkan beberapa penumpang, namun tak berlangsung lama karena setelah itu petugas memberikan sosialisasi bahwa pemeriksaan tersebut dilakukan untuk kebaikan dan keselamatan penumpang saat arus mudik lebaran.

"Sedikit kaget mas, tiba-tiba ada banyak petugas Alhamdulillah saya tidak membawa barang berbahaya ya jadi tenang mas," ujar salah satu penumpang, Sulastri.

Adapun pemeriksaan kendaraan meliputi kelengkapan dokumen baik surat-surat kendaraan, identitas pengendara maupun awak bus. Tak hanya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus-bus lokal dalam provinsi (AKDP) juga dihentikan untuk diperiksa.

Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana mengatakan, pemeriksaan ini juga dilakukan guna mencegah peredaran narkotika, khususnya pada awak kendaraan angkutan mudik lebaran. "Sudah 50 sopir bus yang diperiksa, hasilnya nihil," kata I Made.

Sementara, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Kambang Putih Koesdianto mengatakan pihaknya menemukan sejumlah bus yang tidak dilengkapi surat kendaraan dalam pemeriksaan itu.

"Namun kita tidak dapat menindak dengan penilangan, hanya diberikan teguran. Kita serahkan kepada pihak kepolisian," ujarnya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO