Gelombang Tinggi Rusak Fasilitas di Wisata Pantai Kelapa Tuban

Gelombang Tinggi Rusak Fasilitas di Wisata Pantai Kelapa Tuban Beberapa fasilitas yang rusak di antaranya bangunan gazebo, tempat duduk, perahu nelayan, dan beberapa bangunan baru yang masih tahap pengerjaan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar sepekan lebih nelayan di Kabupaten Tuban gusar dengan tingginya gelombang laut di pesisir pantai utara Jawa tersebut. Cuaca ekstrem dan gelombang tinggi itu membuat beberapa fasilitas yang ada di Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mengalami kerusakan akibat terjangan ombak laut.

Beberapa fasilitas yang rusak di antaranya bangunan gazebo, tempat duduk, perahu nelayan, dan beberapa bangunan baru yang masih tahap pengerjaan.

“Kemarin ombaknya setinggi 2 meter lebih, membuat beberapa bangunan hancur tak mampu menahan ombak,” ujar Sumaun kepada BANGSAONLINE.com, Jum'at (25/5).

Kata dia, selain mengakibatkan kerusakan di sepanjang pesisir pantai, tingginya ombak juga mengakibatkan para nelayan di wilayah tersebut enggan untuk pergi melaut. Mereka lebih memilih untuk memperbaiki alat tangkap ikan dibandingkan melaut selama ombak tinggi.

"Sementara ini tidak melaut dan hanya memperbaiki jaring sambil nunggu cuaca membaik," imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban Joko Ludiono membenarkan jika beberapa hari belakangan ini terjadi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di wilayah laut utara Jawa. Pihaknya mengimbau para nelayan untuk tidak melaut selama ombak masih tinggi.

"Untuk sementara jangan melaut dulu selama ombak masih tinggi. Tingginya ombak 1,5 meter sampai 3 meter sangat berbahaya. Dimungkinkan kapal nelayan tidak mampu menerobos ombak. Sabar dulu nunggu cuaca membaik dan ombaknya tak terlalu tinggi," ujarnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO