Selasa, 20 Agustus 2019 15:35

Pasca Bom Surabaya, Pemkot Batu Minta Aktifkan Kembali Siskamling

Minggu, 20 Mei 2018 21:48 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
Pasca Bom Surabaya, Pemkot Batu Minta Aktifkan Kembali Siskamling
Dewanti Rumpoko, Walikota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Peledakan bom di Surabaya dan Riau yang lalu harus menjadi pembelajaran. Untuk itu Pemkot Batu meminta kepada seluruh pengelola vila, homestay, dan hotel untuk lebih selektif lagi dalam menerima tamu dan wajib mematuhi prosedur.

Pasalnya, selama ini banyak pengelola yang mengabaikan prosedur dengan tidak meminta kartu identitas tamu. Secara langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, mengajak warganya untuk mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Wali kota mengimbau masyarakat agar melakukan upaya deteksi dini di sekitar lingkungannya. “Mari kita aktifkan kembali Siskamling untuk mewujudkan Kota Batu yang aman dan nyaman,” ujar Dewanti.

Dijelaskan, Kota Batu memiliki sejarah dengan pergerakan teroris di Indonesia. Dimana gembong teroris nomor wahid, DR Azhari bersembunyi di salah satu rumah peristirahatan yang ada di Kelurahan Songgokerto Kota Batu dan untuk mencegah hal serupa, Pemkot menginstruksikan kepada masyarakat untuk lebih waspada.

Edy Murtono selaku Pj.Sekda Kota Batu menambahkan, apabila ada orang-orang yang mencurigakan sebaiknya segera melaporkan kepada polisi. Ia juga meminta kepada perangkat RT dan RW, agar menerapkan wajib lapor 1×24 jam kepada tamu yang menginap di lingkungannya dan melaksanakan Siskamling.

“Kita berharap kerjasama pengelola tempat peristirahatan, harus lebih selektif lagi, mintai KTP nya, kita harus lebih waspada,“ ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kejadian di Surabaya dan Riau adalah peringatan untuk melakukan tindakan preventif. Tidak hanya untuk masyarakat, Sekda juga menginstruksikan kepada pegawai UPT Balai Kota Among Tani untuk melakukan langkah antisipasi dengan meminta identitas tamu yang tidak dikenal apa lagi yang mencurigakan.

“Kalau perlu, UPT BO (Block Office) bekerjasama dengan Satpol PP langsung mengantarkan tamu itu ke instansi yang dituju,“ pesan dia. (thu/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...