Rukyatul Hilal di Pamekasan Tertutup Mendung

Rukyatul Hilal di Pamekasan Tertutup Mendung Rukyatul hilal di pesisir Ambat Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Untuk menentukan awal bulan Ramadhan, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan melakukan Rukyatul Hilal di pesisir pantai Ambat kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (15/05) Sore.

Rukyatul hilal ini dihadiri ketua PCNU, MUI, dan perwakilan dari Pengadilan Agama Pamekasan.

Ketua Badan Hisab Rukyat Kemenag Pamekasan Ilyasak mengatakan, hasil rukyatul hilal pada hari ini nihil karena cuaca mendung. "Yang kita lihat saat ini mendung, jadi tidak memungkinkan untuk bisa melihat hilal," tutur Ilyasak.

"Sekarang posisi bulan disemua kawasan Asia termasuk Indonesia masih di bawah ufuk. Karena bulan itu terbenam lebih dahulu dari matahari," paparnya.

"Selanjutnya Ijtima'nya masih pukul 18:46 sesudah isya' sehingga secara teori astronomi hilal mustahil dapat dilihat," imbuhnya.

Hasil ini, lanjutnya, akan dilaporankan ke Kanwil Kemenag Jawa Timur selanjutnya ke Kementerian Agama RI. "Tinggal menunggu hasil sidang Isbat untuk penentuannya. InsyaAllah perkiraan isti'mal bulan Sya'ban digenapkan 30 hari sehingga tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei hari Kamis," pungkasnya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO