Kamis, 02 April 2020 15:40

Kodim 0817 Gresik Praktik Budidaya Pertanian di Buncob PG

Selasa, 15 Mei 2018 00:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Kodim 0817 Gresik Praktik Budidaya Pertanian di Buncob PG
Aktivitas Anggota Kodim 0817 Gresik Saat Praktek Budidaya Pertanian di areal Buncob Pusat Riset PG . Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Petrokimia Gresik (PG) bekerjasama dengan Kodim 0817/Gresik menggelar pelatihan dan praktik budidaya tanaman padi sistem jajar legowo serta sayuran hortikultura. Kegiatan diikuti puluhan anggota TNI AD tersebut digelar di Kebun Percobaan (Buncop) PG, Senin (14/5/2018).

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum PG Dwi Ary Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara PG dengan Kodim 0817/Gresik. Pelatihan ini merupakan tools, nantinya bisa disosialisasikan kepada petani sehingga bisa mewujudkan ketahanan pangan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan juga hubungan antara petani, TNI AD, dan Petrokimia Gresik bisa terjalin semakin harmonis, sehingga mampu mewujudkan program ketahanan pangan Pemerintah," ujar Dwi.

Pasiterdim 0817/Gresik Kapten Inf Prasetyo Edi Tunggal mengatakan, tahun 2018 ini Kodim 0817/Gresik diperintahkan untuk melaksanakan sosialisasi bidang pertanian, bentuknya praktik penananam padi jajar legowo, dan tanaman hortikultura.

"Kegiatan ini nanti diaplikasikan dengan demplot (demonstration plot) seluas 1 hektare (ha) tanaman padi, dan 100 polybag sayuran cabai, terong dan sawi," ujarnya.

Dia mengungkapkan, anggota Kodim 0817/Gresik sebelum mengikuti praktik penanaman padi jajar legowo dan sayuran di Buncop, mereka menerima materi atau teori di Markas Kodim 0817/Gresik.

"Pematerinya dari PG, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Dinas Pertanian Gresik. Kegiatan ini merupakan kedua kalinya bagi Anggota Kodim 0817/Gresik praktik tanaman padi, dan baru pertama untuk praktik hortikultura," jelasnya.

Dia berharap keilmuan yang didapat dalam kegiatan ini bisa menjadi bekal di lapangan. Sebab pihaknya menemukan masih banyak petani di lapangan yang takut dengan sistem padi jajar legowo.

Sementara Komandan Kodim 0817/Gresik, Letkol Kav. Widodo Pujiyanto menyampaikan terimakasih atas support yang diberikan PG kepada Kodim 0817/Gresik, karena TNI AD mendapatkan tugas menyukseskan program Pemerintah ketahanan pangan.

"Tiap hari kita harus melaporkan mulai dari penanaman, panen, hingga penyerapan hasil panen yang kita lakukan," katanya.

Diharapkan kedepan kerjasama antara Kodim 0817/Gresik dengan PG terus berlanjut, seperti sosialisasi pemupukan berimbang kepada petani. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...