Kamis, 13 Agustus 2020 04:42

Detik-detik Peserta Liga Paralayang III Jatim Jatuh di Sentono Gentong Pacitan

Jumat, 11 Mei 2018 21:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Detik-detik Peserta Liga Paralayang III Jatim Jatuh di Sentono Gentong Pacitan
Tampak kondisi Mustofa tidak sempurna saat lepas landas. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Liga paralayang III Jatim yang diselenggarakan di Wisata Bukit Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan berbuntut celaka. Satu peserta gantole asal Denpasar bernama Mustofa yang tengah melakukan uji coba kekuatan angin jatuh ke jurang.

Ketua KNPI Pacitan Muhammad Rofiqin yang juga terlibat dalam kepanitiaan event tersebut membenarkan adanya salah satu peserta gantole yang jatuh. Namun, ia memastikan jika kondisi korban yang tercatat sebagai salah satu hakim di Pengadilan Agama (PA) Bali tersebut selamat dan hanya mengalami luka-luka ringan.

"Kejadiannya sekitar pukul 09.00 Wib. Saat itu korban tengah melakukan uji coba kekuatan angin. Namun saat lepas landas, kekuatan hembusan angin tiba-tiba mengendur hingga gantole tak bisa terbang dan jatuh ke jurang," katanya, saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (11/5) malam.

Ketua organisasi kepemudaan yang akrab disapa dengan Mamad ini memastikan kondisi kesehatan korban tidak ada masalah. "Begitu jatuh, panitia dengan dibantu masyarakat langsung melakukan evakuasi secara manual. Dan Alhamdulillah, korban selamat. Malah saat salat Jumat, yang bersangkutan masih bisa memberikan khotbah," tuturnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Federasi Airsport Seluruh Indonesia (FASI) Arifin meminta agar persoalan tersebut tidak diperpanjang lantaran tidak ada persoalan berarti dalam peristiwa tersebut.

"Lagian itu kan baru uji coba, bukan saat pelaksanaan event. Nggak usah diperpanjang, korban selamat, tidak ada masalah," pinta pria yang juga menjabat sebagai Kades Sirnoboyo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan ini secara terpisah.

Sementara itu, Kepala Desa Dadapan Ismono belum bisa dikonfirmasi terkait kejadian ini. Saat dihubungi melalui ponselnya, penggagas liga paralayang itu tidak berada di tempat. Informasi itu disampaikan Endang, istrinya yang menerima telepon wartawan.

"Bapak tidak ada, ponselnya tidak dibawa," katanya di ujung telepon.

Sebagaimana diketahui, lokasi wisata Sentono Gentong berada di puncak perbukitan. Belakangan, Pemdes Dadapan dengan kemampuan APBDes yang dimiliki mencoba membuka destinasi fenomenal tersebut. Hanya saja, sarpas dasarnya memang masih perlu pembenahan. Terutama pagar pengaman bagi pengunjung yang masih belum memadai. (yun/rev)

Berikut cuplikan detik-detik jatuhnya salah satu peserta Liga Paralayang III di Bukit Sentono Gentong:

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...