Senin, 26 Agustus 2019 12:46

Gebyar PAUD di Trenggalek untuk Dukung Gernas Gemar Baca Buku

Jumat, 11 Mei 2018 13:48 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Herman Subagyo
Gebyar PAUD di Trenggalek untuk Dukung Gernas Gemar Baca Buku
Plt Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin (pakai peci hitam) di tengah-tengah acara Gebyar PAUD di Alun-alun Trenggalek. foto: herman/ bangsaonline

TRENGGALEK, BANGSAONLIE.com - Dalam rangka pencanangan gerakan nasional orang tua gemar membaca buku, Dinas Pendidikan kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan Gebyar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) 2018 di Alun-alun Trenggalek, Jumat (11/5).

Tema kegiatan kali ini yakni "Melalui penguatan pendidikan karakter anak usia dini, kita songsong lahirnya generasi cerdas berkualitas".

Dari 615 lembaga PAUD yang ada di kabupaten Trenggalek seluruhnya hadir mengikuti kegiatan ini. Ditambah lagi 1500 siswa PAUD dan 500 tenaga guru PAUD.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Trenggalek Sunyoto menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Gebyar PAUD ada tiga: Pertama, terselenggaranya pembinaan kreativitas pendidikan anak didik PAUD di kabupaten Trenggalek; Kedua, terciptanya guru berprestasi; Ketiga meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di satuan PAUD.

"Di harapkan dari adanya kegiatan Gebyar PAUD kali yakni terciptanya peserta pendidik dan peserta didik PAUD yang berprestasi di tingkat Kabupaten Trenggalek," tegasnya.

Sementara Plt Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin yang dikonfirmasi usai kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan Germas Baku ini merupakan arahan dari pemerintah nasional dimana diharapkan agar tenaga pendidik dan wali murid tidak hanya belajar di dalam ruang kelas semata. Mereka diharapkan juga bisa memberikan pembelajaran di rumah.

"Jadi dalam rangka pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Gemar Membaca Buku, sesuai arahan dari pemerintah nasional, ibu guru, wali murid itu mendidik anak didiknya bukan cuma ketika datang di sekolah atau di tempat pembelajaran, tetapi di rumahpun dibiasakan untuk membaca buku," ucapnya.

Menurut Arifin, sejauh ini pihaknya telah menandatangani berbagai bantuan operasional yang berkaitan dengan dunia PAUD. Bahkan sambung Arifin kemarin juga ada yang meminta percepatan proses izin penyelenggaraan kegiatan PAUD dan itupun Arifin memberikan support yang besar.

Arifin juga menyampaikan pihaknya telah menerima Surat edaran tentang adanya standar pelayanan minimal, salah satunya urusan wajib pendidikan yakni menyelenggarakan pendidikan anak usia dini. Arifin juga berharap agar pemerintah desa nanti bisa menyiapkan penyelenggaraan PAUD di lingkungannya. (man/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...