Ribuan Pelajar SD se-Kabupaten Jombang Gelar Tari Remo Masal di Alun-Alun

Ribuan Pelajar  SD se-Kabupaten Jombang Gelar Tari Remo Masal di Alun-Alun Ribuan anak SD menari remo bersama. foto: RONY/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memperingati hari pendidikan nasional, ribuan pelajar se Kabupaten , menggelar tari remo masal di alun alun. Kegiatan tersebut merupakan hal yang berbeda dengan yang dilakukan daerah-daerah lainnya dalam peringatan hardiknas.

Diiringi musik tradisional Jawa Timuran, ribuan anak-anak itu berjalan serempak dari tepi lapangan menuju ke tengah alun-alun . dengan balutan busana khas penari Remo, mereka berbaris rapi di lapangan Alun-Alun .

Tak hanya anak-anak perempuan, anak-anak laki-laki juga turut serta menari Remo massal ini. Gemerincing suara lonceng di kaki mereka mengiringi gerakan tari Remo yang mereka peragakan.

Kepala Dinas Pendidikan Budi Nugroho mengatakan, tari Remo massal ini diikuti 1.073 anak tingkat sekolah dasar di Kabupaten . Menurut dia, tari Remo yang diperagakan anak-anak berbeda dengan di daerah lain.

"Kalau menurut cerita, menjadi cikal bakal tari Remo. Yang kita tampilkan tadi Remo Boletan, ciri khasnya cenderung ada kelucuan di gerakannya," kata Budi kepada wartawan di lokasi, Rabu (2/5/2018).

Budi berharap, melalui gelaran tari Remo massal ini bisa menggelorakan kesenian tradisional tersebut di tanah kelahirannya. Selain itu, ke depan tari Remo Boletan bisa dipatenkan menjadi tarian khas Kabupaten .

"Ini untuk memberi penguatan karakter kepada anak-anak kita, juga tari Remo supaya menjadi tarian khas Kabupaten ," terangnya.

Salah seorang peserta tari Remo massal, Masruroh mengaku butuh waktu sebulan untuk bisa menari dengan baik. Dia mengaku tak menemukan kesulitan berarti saat latihan. Hanya membiasakan gerakan tangan dan kaki supaya bisa meliuk indah, yang membuat latihan menjadi lama.

"Gerakannya tak ada yang susah, mudah semua kok," tandas pelajar kelas V SD di ini. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO