Ratusan Warga Saling Dorong Dapatkan Sayuran dan Buah Saat Acara Sedekah Desa Miagan

Ratusan Warga Saling Dorong Dapatkan Sayuran dan Buah Saat Acara Sedekah Desa Miagan Warga saling berebut buah dan sayuran. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga saling dorong saat berebut gunungan buah serta sayuran dalam tradisi sedekah bumi di Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung, , Jawa Timur, Minggu (29/4/2018).

Sedekah desa itu merupakan bentuk suka cita warga atas hasil panen yang melimpah serta menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Warga rela berdesakan untuk bisa mendapatkan buah dan sayuran itu, karena meraka berharap mendapatkan berkah, tanpa memikirkan rsiko terinjak atau terluka karena terkena bambu gunungan tersebut.

Sebelum diperebutkan, gunungan buah dan sayuran hasil bumi warga setempat diarak keliling desa. Gunungan ini langsung dibawa masuk ke Kantor Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung.

Begitu sampai di halaman kantor kepala desa, ratusan warga yang sudah tidak sabar menunggu langsung menyerbu dan memperebutkannya. Gunungan yang terbuat dari buah dan aneka sayuran itu ludes dalam waktu sekejap.

“Ndak apa-apa meski tadi saling berebut. Seneng, seru. Ini dapet buah dan suyuran jagung, terong. Nanti dipakai masak, katanya mendapatkan berkah,” kata salah seorang warga, Eni Sri Widayati.

Sementara Kepala Desa Miagan Antok Budi Subagyo, mengaku sengaja menggelar acara ini sebagai bentuk suka cita warga atas hasil panen buah dan sayur. “Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, kegiatan ini juga untuk melestarikan warisan nenek moyang,” tuturnya.

Kegiatan sedekah desa ini, lanjut Antok akan terus terus digelar setiap tahunnya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO