Minggu, 21 Juli 2019 14:21

Anggaran Perbaikan Jalan Harun Thohir Gresik Rp 5 M Raib

Jumat, 27 April 2018 11:16 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Anggaran Perbaikan Jalan Harun Thohir Gresik Rp 5 M Raib
Kendaraan berat melintas di Jalan Harun Thohir yang rusak parah. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com – Anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk perbaikan jalan Harun Thohir, Gresik, yang saat ini kondisinya rusak parah tiba-tiba raib dari APBD 2018. Hal ini langsung memantik pertanyaan Wakil Ketua DPRD Gresik, Hj. Nur Saidah.

Pasalnya, kata Nur Saidah, anggaran tersebut sebelumnya sudah masuk finalisasi hingga pengesahan APBD 2018. "DPRD sudah meminta penjelasan DPUTR. Jawabnya anggaran itu dialihkan untuk kegiatan lain," ungkap politikus Gerindra asal Duduksampeyan ini kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (27/4)..

"Namun, DPUTR berjanji akan mencarikan pengganti anggaran Rp 5 miliar itu untuk perbaikan Jalan Harun Thohir. Sebetulnya, alokasi Rp 5 miliar itu untuk sharing dengan pihak swasta yang memiliki usaha di sekitar Jalan Harun Thohir. Saat ini sudah ada dana sharing masuk dari bantuan Pelindo III Rp 2 miliar. Dengan dana sebesar itu nantinya pekerjaan perbaikan diserahkan pada penyumbang," terangnya.

Dia menyatakan ada dua versi Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) untuk perbaikan Jalan Harun Thohir. Pertama versi Pelindo III Cabang Tanjung Perak, totalnya Rp 28 miliar untuk seluruh perbaikan. Sedangkan versi Pemkab Gresik bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Surabaya mencapai Rp 80 miliar lebih.

"Ini karena Pemkab memasukkan pembangunan box culvert yang ada di samping jalan dalam paket yang sama dengan perbaikan jalan. Sedangkan, versi Pelindo tidak," jlentreh dia.

Nantinya, tambah Nur Saidah, dana perbaikan juga diupayakan dari perusahaan lainnya seperti PT Petrokimia Gresik dan PT Semen Indonesia. Dia memastikan akan mengunjungi langsung perusahaan-perusahaan tersebut agar mau memberikan bantuan untuk perbaikan jalan.

"Saya berharap tidak hanya DPRD yang aktif untuk mengupayakan perbaikan Jalan Harun Thohir, tapi juga dari pihak eksekutif," tandas dia.

Menurut Nur Saidah, rusaknya Jalan Harun Thohir karena banyak dilalui kendaraan besar. Dari hasil studi, kendaraan yang banyak melintas adalah milik PT Gresik Jasatama, anak perusahaan PT Pelindo III. (hud/ns)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...