Perbaikan Jembatan Babat-Widang Ditarget Selesai H-10 Lebaran

Perbaikan Jembatan Babat-Widang Ditarget Selesai H-10 Lebaran Proses evakuasi truk yang terperosok akibat putusnya jembatan Widang - Babat.

TUBAN,BANGSAONLINE.com - Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan perbaikan jembatan Widang-Babat yang mengalami ambrol Selasa (17/4) lalu bisa tuntas H-10 lebaran.

Hal itu diungkapkan Direktur Jembatan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Jarkasih. Ia menyatakan jika saat ini bahan jembatan seperti kerangka baja cadangan sepanjang 55 meter tengah dikirim dari gudang penyimpanan Kementerian PUPR di Ceteureup Kota Bogor.

"Hari ini sudah mulai dikirim, semoga lancar," ujarnya.

Ditegaskan, perbaikan jembatan akan dimulai setelah evakuasi bangkai truk selesai, dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 45 hari ke depan.

"Rencananya kerangka jembatan yang dipasang tentunya tidak sama dengan desain jembatan yang lama. Jembatan lama hanya menahan beban seberat 70 ton, tetapi desai yang baru nanti tingkat kekuatan di atasnya," imbuh dia.

Menurutnya, peristiwa ambruknya jembatan tersebut bisa dihindari bila truk yang membawa muatan puluhan ton itu tidak berjalan secara beriringan.

"Kementerian PUPR telah menganggarkan biaya perawatan jembatan. Bahkan, petugas kerap pengecekan baut serta mur yang kendor dan mencari titik-titik kontruksi jembatan yang mengalami kelaina," klaimnya.

Terkait dengan tudingan beberapa pihak jika insiden ini merupakan kelalaian dari PUPR, Iwan membantahnya. "Sampai saat ini, pantauan dari PUPR ada total 21 jembatan di Jawa Timur yang usianya sudah tua dan perlu mendapatkan perhatian secara khusus," pungkas dia. (gun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO