Minggu, 21 Oktober 2018 14:03

Tingkatkan PAD, Taman Wisata Air Wendit Malang akan Dikelola Pihak Ketiga

Jumat, 13 April 2018 00:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
Tingkatkan PAD, Taman Wisata Air Wendit Malang akan Dikelola Pihak Ketiga
Taman Wisata Air Wendit (TWAW) di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Taman Wisata Air Wendit (TWAW) di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, berencana akan ditawarkan kepada pihak ketiga untuk mengelolanya. Saat ini TWAW statusnya masih berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Direkrut BLUD TWAW Kabupaten Malang Gunawan Purwadi, saat ditemui wartawan membenarkan, jika pengelolaan TWAW rencananya akan ditawarkan kepada pihak ketiga, dengan tujuan untuk meningkatkan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Selain nantinya dapat meningkatkan PAD, TWAW ini nantinya juga dapat menarik dan bersaing dengan objek wisata lainnya yang ada di Malang Raya.

"Sebab, jika pengelolaannya ditangani oleh pihak ketiga, secara otomatis jelas akan lebih profesional, karena akan berorientasi pada bisnis. Dan sekarang sudah ada empat perusahaan atau investor yang tertarik untuk memgajukan penawaran pengelolaan TWAW ini,” terang Gunawan di ruang kerjanya.

Langkah dalam pengelolaan TWAW oleh pihak ketiga, menurutnya, juga bertujuan sebagai penunjang dalam pertumbuhan dunia pariwisata yang mengusung basis kemasyarakatan yang menjadi salah satu prioritas kerja Pemkab Malang.

Sementara, ke empat investor yang telah mengajukan permohonan untuk mengelola objek wisata ini,akan melalui seleksi oleh tim pengkaji terlebih dahulu.

Sedangkan tim pengkaji, lanjut dia, nantinya akan melibatkan beberapa instansi teknis yang terkait, seperti Dinas Pariwisata, Bagian Hukum Sekretariat Daerah, serta Bagian Kerjasama dan Badan Pendapatan Daerah.

Sementara itu anggota Komisi C DPRD Kabupaten Malang Achmad Andi mengatakan, rencana TWAW di pihak ketigakan dalam pengelolaannya itu boleh saja, asalkan mampu meningkatkan PAD yang lebih besar lagi. (thu/ian)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...