Teater Bocah, Teater Anak-anak di Wilayah Eks-Dolly

Teater Bocah, Teater Anak-anak di Wilayah Eks-Dolly Anggota teater dan pelatih. foto: ainur roofiqi/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Teater Bocah menjadi wadah mengenali potensi diri anak-anak di wilayah Eks- Putat Jaya. Bertempat latihan di Balai RW 3 Putat Jaya, sanggar ini aktif di malam hari.

Umumnya Teater Bocah latihan dua kali dalam seminggu. Mereka berkumpul latihan pada pukul 7 sampai 9 malam. Setiap kali latihan selalu ramai dan heboh oleh tawa dan teriakan anak-anak.

Saat ditemui Bangsaonline di Balai RW 3 Putat Jaya, anak-anak Teater Bocah menyambut dengan hangat, begitu juga pembinanya, Muthia. Menurut Muthia, jumlah anak-anak Teater Bocah mencapai tiga puluhan anak. Seluruh anak-anak Teater Bocah merupakan anak dari kalangan SD sampai SMP. Anak-anak Teater Bocah sangat aktif bermain dan berperan.

Anak-anak Teater Bocah memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang masih malu-malu ada yang sangat percaya diri saat ditemui Bangsaonline. Menurut Muthia, hal ini cukup wajar ketika mereka baru bertemu dengan orang baru dan hal demikian baginya memang pekerjaannya untuk membangun rasa kepercayaan diri pada anak-anak apalagi saat pentas yang ditonton para penonton.

Muthia mengaku sering mendapatkan undangan untuk mengisi pertunjukan di berbagai acara baik dalam kampung maupun di wilayah kampus. Sehingga ketika banyak undangan yang masuk Muthia, Grace dan kawan-kawan selalu memompa semangat anak-anak Teater Bocah untuk memberikan pertunjukan yang terbaik. Di samping itu, Teater Bocah juga mengagendakan pentas tunggal.

Saat ditanya Bangsaonline, Rambo dan Amel mengaku masih sering grogi dan gugup saat berakting di atas panggung. Namun ketika sudah turun panggung, mereka berdua merasa ingin kembali naik panggung dan berakting di atasnya. Muthia menuturkan menjelang dekat hari pementasan latihan biasa dilakukan sampai setiap hari untuk memaksimalkan penampilan. Sehingga ketika anak-anak ingin kembali pentas adalah hal yang wajar, baginya.

Pada tahun 2017, Teater Bocah dapat lolos seleksi pertunjukan Nasional sampai 25 besar dari seluruh Indonesia yang diadakan oleh Ruang Kreatif Indonesia. Pencapaian ini sangat membanggakan anak-anak Teater Bocah untuk terus berkembang dan lebih baik. Hal demikian tuturkan juga oleh anak-anak Teater Bocah. Meskipun Teater Bocah ini masih balita, yang baru lahir pada tahun 2014.

Muthia mengharapkan agar Teater Bocah dapat terus berkembang dan mendampingi anak-anak di wilayah ini, lebih-lebih anak-anak yang generasi sekarang dapat menumbuhkan kembangkang minat dan bakat mereka kepada adik-adiknya. Sehingga Teater Bocah ini dapat langgeng dan dikembangkan sendiri oleh anak-anak kampung wilayah Putat Jaya. (*)

Sumber: *M. Ainur Roofiqi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO