Wabup Tuban Dorong Lulusan SMK Kembangkan Usaha Berbasis Internet

Wabup Tuban Dorong Lulusan SMK Kembangkan Usaha Berbasis Internet

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pesatnya perkembangan dunia teknologi dan informasi harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha. Tak terkecuali bagi para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kabupaten .

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Noor Nahar Hussein saat menghadiri acara Gelar Cipta Karya Terbaik dan Job Fair yang berlangsung di SMK Negeri 2 Kabupaten , Selasa (27/3).

Wabup mengungkapkan selama ini sebagian besar siswi lulusan SMK di merasa tidak betah bila diterima bekerja di luar daerah karena jauh dari tempat tinggal. Untuk itu, ia mendorong lulusan SMK mampu mandiri dengan membuka usaha sendiri sehingga dapat menciptakan lapangan usaha.

“Lulusan SMK harus terus mampu meningkatkan kreativitas dan intelektualnya. Sehingga, mereka tidak ketinggalan informasi di zaman dengan percepatan informasi yang luar biasa ini,” jelasnya.

"Peluang itu harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan berwirausaha. Setiap hasil usaha yang dihasilkan dapat dilakukan dengan sistem pemasaran berbasis internet atau online. Karena sistem tersebut dapat dilakukan secara bebas dan terbuka," katanya.

“Sistem online ini transaksi jual beli tidak memerlukan tatap muka antara penjual dan pembeli, sehingga prosesnya dapat dilakukan secara praktis, cepat, efektif, dan efesien. Produk yang dihasilkan juga dapat diakses masyarakat secara luas tanpa ada yang membatasi,” tegas Wabup.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMKN 2 Mujiono mengungkapkan jika selama ini sekolah yang dipimpinnya telah bekerjasama dengan berbagai Dunia Usada Dunia Industri (DUDI) baik di tataran lokal maupun nasional.

"SMKN 2 telah melakukan job fair yang kedua kalinya, sedangkan untuk gelar karya cipta terbaik dilaksanakan di setiap tahunnya. Karya yang dipamerkan kali ini murni hasil dari siswa-siswi SMKN 2 . Kita juga telah bekerjasama dengan sebanyak 60 perusahaan dari berbagai daerah. Untuk kali ini kita fokuskan pada DUDI yang sudah siap melakukan perekrutan tenaga kerja, sehingga langsung dilaksanakan tes di sini," kata Mujiono.

Sekedar informasi, Gelar Cipta Karya dan Job Fair SMKN 2 tersebut dilakukan dengan menggandeng sebanyak 12 perusahaan atau DUDI baik nasional maupun lokal. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO