Hujan Deras Bakal Guyur Bojonegoro hingga Mei Mendatang

Hujan Deras Bakal Guyur Bojonegoro hingga Mei Mendatang

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kabupaten Malang, Jawa Timur, memprediksi hujan lebat akan terus terjadi di Kabupaten hingga bulan Mei mendatang.

Prediksi itu berdasarkan surat edaran BMKG kepada Pemkab yang diterima BPBD. Surat bernomor: KT.304/027/KLMG/II/2018 tentang perkiraan Kondisi Cuaca Hujan di mulai bulan Maret sampai Mei 2018.

"Bulan Maret ini Curah Hujan di daerah Kabupaten mencapai 301 - 400 milimeter (mm), dengan curah hujan diatas normal 116 - 150 %. Artinya, pada bulan Maret 2018 sebagian besar wilayah Kabupaten mengalami hujan dengan intensitas lebat selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan," terang Kepala BPBD , Andik Sudjarwo, Sabtu (10/3).

Dia juga menguraikan prakiraan hujan di bulan April mendatang. Curah hujan di bulan empat ini mulai menurun, yakni kisaran 201 - 300 mm diatas normal 116 - 150 %. Artinya, pada bulan April 2018 sebagian besar wilayah Kabupaten mengalami hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan .

"Pada bulan Mei curah hujan semakin menurun di kisaran 51 - 100 mm. Untuk curah hujan normal yaitu di bawah 85 - 115 %. Artinya pada bulan Mei 2018 sebagian besar wilayah Kabupaten mengalami hujan dengan intensitas ringan sampai dengan selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan," paparnya.

Melihat hal itu, Andik Sudjarwo mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air yang mengakibatkan jalan rusak, pohon tumbang dan jalan licin.

"Selain itu juga waspadai terjadinya angin kencang dan petir saat hujan turun," ungkapnya.

Sementara itu, akibat hujan deras di wilayah dan beberapa daerah di Jawa Tengah, Sungai Bengawan Solo yang melintas di Kabupaten airnya mulai naik.

Saat ini tinggi muka air (TMA) di Taman Bengawan Solo (TBS) Kota terpantau pada titik 12.80 peilschall pada pukul 18.00 WIB. Sebentar lagi sungai terpanjang di pulau jawa itu akan masuk siaga I banjir.

"Masih ada kemungkinan naik terus karena hujan lebat di wilayah hulu sedang terjadi selama beberapa hari kedepan, ditambah adanya hujan deras di wilayah ," ucapnya menambahkan. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO