Senin, 26 Agustus 2019 10:48

Festival The Spoor Gallery Dongkrak Ekonomi

Selasa, 06 Maret 2018 22:12 WIB
Wartawan: Hendro Utomo
Festival The Spoor Gallery Dongkrak Ekonomi
Suasana Festival the Spoor Gallery.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Berbagai pelaku usaha hingga komunitas di kota pecel dan sekitar turut ambil bagian dalam bazar bertajuk Festival The Spoor Gallery tersebut. Dengan tujuan, menggeliatkan pelaku UKM serta mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Perputaran uang terbesar ada di usaha mikro. Tak heran, usaha mikro merupakan salah satu penopang perekonomian di Kota Madiun. UKM wajib terus digeliatkan," kata Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat Ahmad Supriya membacakan sambutan Wali Kota Madiun saat membuka festival, Selasa (6/3).

Pengembangan UKM, kata dia, memang tidak mudah. Berbagai kendala mengemuka. Mulai akses terhadap pasar dan permodalan, pengembangan teknologi informasi, serta kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten menjadi salah satu problematika tersendiri.

Tak heran, butuh peran serta dari berbagai pihak. Pemkot, lanjutnya, mengapresiasi Forum UKM dan IKM Berbagai Bersama Berkembang (BBB) yang telah menyelenggarakan The Spoor Festival 2018 ini. Pihaknya, berharap kerja sama terus ditingkatkan ke depan.

‘’Perkembangan suatu daerah memang menjadi tanggung jawab bersama. Kami mengepresiasi kepedulian dan peran serta instansi tekait,’’ ujarnya.

Berbagai kendala yang dihadapi bukan berarti tanpa upaya. Pemkot Madiun ogah menutup mata. Berbagai program dilaksanakan. Mulai penyaluran dana bergulir melalui Bank Daerah hingga pelatihan-pelatihan serta media promosi. Pemkot menyiapkan program kredit dengan bunga enam persen per tahun. Sedang untuk pelatihan, pemkot telah melakukan pelatihan pelaku UKM binaan ke berbagai daerah.

Pelatihan dilakukan secara berkelanjutan, mengupayakan pemasaran produk dengan melalui berbagai macam pameran dan aplikasi online. ‘’Prinsipnya Pemkot terus mengupayakan berbagai cara untuk menggeliatkan UKM di Kota Madiun,” ungkapnya.

Pelaku UMKM, lanjutnya, diharap terus menjalankan usahanya serta saling menjaga kekompakan dan saling bahu-membahu. Apalagi, tantangan yang dihadapi ke depan semakin beragam.

‘’Selalu bersemangat, pantang mundur, terus belajar dan semangat kemandirian serta saling bersolidaritas sesama UMKM,” tuturnya.

Senior Manager Secretary Public Relations PT. INKA (Persero) Kholik Mochamad Zamzam berharap festival dapat menggeliatkan pelaku UKM di Kota Madiun. Selain itu, kegiatan dapat menggairahkan perekonomian di Pasar Spoor sebagai lokasi festival.

Pihaknya mengaku bakal terus berkontribusi terhadap perkembangan pelaku UKM di Kota Madiun. Bukan hanya menggelar bazar, pihaknya juga telah melakukan binaan kepada pelaku usaha. (hen/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...