Kamis, 18 Juli 2019 12:50

Resmikan PTSP Kanwil Kemenag Jatim, Menag: Ini Sebenarnya Etalase Terdepan Kita

Selasa, 06 Maret 2018 01:50 WIB
Wartawan: Yudi Arianto
Resmikan PTSP Kanwil Kemenag Jatim, Menag: Ini Sebenarnya Etalase Terdepan Kita
Disaksikan Kakanwil Kemenag Prov Jatim Syamsul Bahri, Menag Lukman Hakim Saifuddin saat menandatangani prasasti peluncuran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kemenag Jatim, Sidoarjo, Senin (5/2). Foto: Yudi Arianto/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Demi mendekatkan pelayanannya kepada masyarakat Jatim, Kementerian Agama (Kemenag) RI meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, di Kantor Kemenag Jatim Sidoarjo, Senin (5/3) sore.

"Sebagai Menteri Agama saya bersyukur dan barbahagia karena sore hari ini kita sama-sama menyaksikan peresmian penggunaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur," ucap Menag Lukman Hakim Saifuddin yang secara langsung hadir dan meresmikan PTSP di Kanwil Kemenag Prov Jatim.

Menag menambahkan, dari sinilah sebenarnya wajah Kanwil Kemenag Prov Jatim ini dilihat. "Jadi ini sebenarnya etalase terdepan kita, bagaimana bentuk pelayanan kita kepada masyarakat umat beragama," jelasnya.

Tak lupa ia juga sangat berterima kasih kepada garda terdepan dari PTSP yang kemudian bisa memberikan yang terbaiknya kepada masyarakat.

"Ini sesuatu yang wajib kita syukuri dan apresiasi. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi dan memberkahi semua ikhtiar kita dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Mudah-mudahan kita bisa terus mejaga dan memelihara serta mengembangkan PTSP ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam pelayanan PTSP ini diberlakukan one day service. Sebanyak 89 layanan yang biasa dilakukan oleh Kemenag Jatim itu bisa diringkas menjadi 60 layanan. Sedangkan untuk outputnya dikategorikan menjadi 11 layanan.

Hal itu meliputi legalisir ijazah, surat nikah, izin mutasi sekolah, verifikasi izin pendirian madrasah, Rekomendasi Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, Rekomendasi Izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh, Permohonan Rohaniawan dll.

Jam pelayanan mulai pukul 08.00-15.00 WIB sampai nomor antrian terakhir. Sebanyak tujuh pegawai front office akan siap memberikan pelayanannya. PTSP juga menerima konsultasi keagamaan yang dijadikan satu layanan. (ian/rev)

(Ditemani Kakanwil Kemenag Jatim dan Kabag TU, Menag RI mencoba nomor antrian PTSP)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...