Senin, 21 Mei 2018 14:15

Mendidik Karakter Siswa dengan Etika Makan

Selasa, 06 Februari 2018 22:03 WIB
Wartawan: -
Mendidik Karakter Siswa dengan Etika Makan
Arya Putra Sundjaja S.E. B.B.A menerangkan secara detail bagaimana etika makan yang benar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Great Crystal School and Course Center terus melakukan inovasi dalam hal menghadirkan pembelajaran kepada siswa-siswinya. Kali ini bertepatan dengan memperingati tahun baru China, Great School menerapkan outdoor learning. Kegiatan kali ini dilaksanakan di PTC mall (3/2) dengan bekerja sama dengan Ottimo International sebagai pemateri Table Manner.

Arya Putra Sundjaja S.E. B.B.A selaku pemateri yang juga bertugas sebagai pengajar sekaligus Chef di Ottimo International menerangkan secara detail bagaimana etika makan yang benar. Adapun rincian materi yang disampaikan, mulai dari pertama datang, duduk di depan meja makan, memegang garpu dan sendok serta beberapa peralatan makan lainnya.

Sejumlah siswa dan wali murid maju satu per satu untuk memperagakan cara makan mulai makanan pembuka, sampai makanan inti dari berbagai versi. Salah satu siswa yang berkesempatan belajar adalah Daryll siswa kelas 5.

Setelah mempraktikan duduk di meja dengan benar dengan duduk tegap, berlanjut dengan sesi makan sup. Pemateri menyampaikan salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika makan sup adalah tidak mengeluarkan suara, menggunakan sendok dari sisi samping bukan dari depan.

Setelah selesai makan, pemateri menyampaikan cukup mengusap mulut dengan kain tipis-tipis, bukan dengan mengusap keseluruhan mulut.

Di akhir acara, pemateri memberikan tips etika makan yang berhubungan dengan peringatan tahun baru China salah satunya tentang pemakaian sumpit. Kita tidak diperkenankan mengoper makanan menggunakan sumpit. Kita bisa memindahkan makanan dari piring ke piring. Hal lain yang tidak boleh dilakukan lagi adalah jangan sampai mengaduk-aduk makanan.

“Table Manner yang berlangsung singkat ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru tentang bagaimana etika makan yang benar dan bisa dipraktikan selanjutnya,” pungkas Arya.

Di kesempatan lain, selaku Deputy Great Crystal School, Mifta Churohman menyampaikan jika Table Manner ini diadakan untuk memberikan pengalaman belajar yang baru kepada siswa-siswi. Sambil mengisi akhir pekan, bisa mendapatkan ilmu berharga dari pemateri yang berkompeten tentang Table Manner. Para siswa dan wali murid dengan antusias mengikuti Table Manner hingga selesai. (*)

Kamis, 17 Mei 2018 15:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*AHAD pagi itu, 13 Mei 2018, saya bergumul dalam cengkerama keluarga usai menjalankan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Ar-Rahman, Western Regency, Surabaya, yang semalamnya (Sabtu, 12 Mei 2018) diresmikan. Sambil menikmati d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Sabtu, 19 Mei 2018 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 14 Mei 2018 00:06 WIB
Pantai Kramat Banyuwangi yang mau dijadikan destinasi wisata.BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kelompok Nelayan Al Karomah bersama pemuda-pemudi Kertosari menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Kramat, Minggu (13/5). Kegiatan bersih-bersih pantai ...