Minggu, 19 Agustus 2018 12:31

Mendidik Karakter Siswa dengan Etika Makan

Selasa, 06 Februari 2018 22:03 WIB
Wartawan: -
Mendidik Karakter Siswa dengan Etika Makan
Arya Putra Sundjaja S.E. B.B.A menerangkan secara detail bagaimana etika makan yang benar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Great Crystal School and Course Center terus melakukan inovasi dalam hal menghadirkan pembelajaran kepada siswa-siswinya. Kali ini bertepatan dengan memperingati tahun baru China, Great School menerapkan outdoor learning. Kegiatan kali ini dilaksanakan di PTC mall (3/2) dengan bekerja sama dengan Ottimo International sebagai pemateri Table Manner.

Arya Putra Sundjaja S.E. B.B.A selaku pemateri yang juga bertugas sebagai pengajar sekaligus Chef di Ottimo International menerangkan secara detail bagaimana etika makan yang benar. Adapun rincian materi yang disampaikan, mulai dari pertama datang, duduk di depan meja makan, memegang garpu dan sendok serta beberapa peralatan makan lainnya.

Sejumlah siswa dan wali murid maju satu per satu untuk memperagakan cara makan mulai makanan pembuka, sampai makanan inti dari berbagai versi. Salah satu siswa yang berkesempatan belajar adalah Daryll siswa kelas 5.

Setelah mempraktikan duduk di meja dengan benar dengan duduk tegap, berlanjut dengan sesi makan sup. Pemateri menyampaikan salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika makan sup adalah tidak mengeluarkan suara, menggunakan sendok dari sisi samping bukan dari depan.

Setelah selesai makan, pemateri menyampaikan cukup mengusap mulut dengan kain tipis-tipis, bukan dengan mengusap keseluruhan mulut.

Di akhir acara, pemateri memberikan tips etika makan yang berhubungan dengan peringatan tahun baru China salah satunya tentang pemakaian sumpit. Kita tidak diperkenankan mengoper makanan menggunakan sumpit. Kita bisa memindahkan makanan dari piring ke piring. Hal lain yang tidak boleh dilakukan lagi adalah jangan sampai mengaduk-aduk makanan.

“Table Manner yang berlangsung singkat ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru tentang bagaimana etika makan yang benar dan bisa dipraktikan selanjutnya,” pungkas Arya.

Di kesempatan lain, selaku Deputy Great Crystal School, Mifta Churohman menyampaikan jika Table Manner ini diadakan untuk memberikan pengalaman belajar yang baru kepada siswa-siswi. Sambil mengisi akhir pekan, bisa mendapatkan ilmu berharga dari pemateri yang berkompeten tentang Table Manner. Para siswa dan wali murid dengan antusias mengikuti Table Manner hingga selesai. (*)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...