Pelayanan Dispendukcapil Blitar Masih Jadi Sorotan

Pelayanan Dispendukcapil Blitar Masih Jadi Sorotan Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar terus menjadi sorotan. Terlebih pasca operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum calo di Dispendukcapil oleh tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polres Blitar beberapa waktu lalu.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto meminta agar Dispendukcapil berbenah jika ingin kinerjanya tidak terus-terusan menjadi sorotan dan mendapatkan keluhan dari masyarakat. Mulai dari pelayanan hingga sarana dan prasarananya.

"Apa yang menjadi permasalahan utama sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan calo ini yang harus diatasi. Jika pelayananya prosesnya cepat, mudah, dan masyarakat nyaman saat mengantre, saya yakin mereka tidak akan mau menggunakan calo yang bayarnya lebih mahal," ungkap Suwito Saren Satoto, Minggu (21/1).

Suwito menegaskan agar minimnya pegawai tidak dijadikan alasan lambannya pelayanan. Karena saat ini hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blitar memiliki kondisi yang hampir sama, yakni kekurangan pegawai.

"Intinya pelayanan dengan personil dan sarpras yang ada harus lebih ditingkatkan. Karena kalau bicara kekurangan personil, hampir semua OPD kekurangan personil," tegasnya.

Terpisah, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Eko Budi Winarso mengatakan bahwa sarana prasarana penunjang pelayanan di Dispendukcapil saat ini masih dalam proses pembenahan. Termasuk ruang tunggu untuk para pengurus Adminduk. Sementara terkait pelayanan pihaknya terus berupaya maksimal dengan pegawai yang ada karena permohonan Adminduk terus mengalami peningkatan.

"Karena kita memang instansi pelayan masyarakat, otomatis pasti ada kekurangan sana sini. Namun yang pasti setiap hari kita selalu berbenah," ujarnya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO