Wakil Bupati Situbondo Minta Pengawas Pemilu Jaga Netralitas

Wakil Bupati Situbondo Minta Pengawas Pemilu Jaga Netralitas Ketua Panwaslu Situbondo saat mengambil sumpah PPL

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi perpesan kepada pengawas pemilu di Kabupaten Situbondo agar menjaga netralitas dan tidak condong kepada salah satu pasangan calon dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Hal itu disampaikan saat pria yang juga menjabat sebagai ketua Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Situbondo ini menghadiri pengambilan sumpah dan jabatan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se-Kabupaten Situbondo di Gedung Baluran, Kamis (18/1).

"Saya berharap kepada para PPL yang baru saja diambil sumpahnya menjaga netralitas, jangan sampai memihak atau mempunyai kecenderungan kepada salah satu calon tertentu. Kalau mengetahui proses yang tidak benar, laporkan kepada atasannya, di atasnya itu ada Panwascam dan Panwaslu Kabupaten," katanya.

Selain menjaga netralitas, pasangan Dadang Wigiarto saat Pilbup tahun 2015 lalu ini juga meminta, supaya melaksanakan tugasnya dengan tegas, namun tidak mengesampingkan komunikasi dengan berbagai stakeholder yang ada. Menurutnya, jangan sampai ketegasan yang dimiliki oleh PPL tersebut tegas menurut versinya sendiri, namun harus dibicarakan dengan stakeholder yang ada diwilayah masing-masing.

"Ketegasan yang membabi buta itu akan menjadi pemicu hal-hal yang tidak diinginkan, kami pemerintah Kabupaten hanya ingin melihat pengawas pemilu mempunyai komunikasi yang baik dengan stakeholder yang ada. Kalau ini dilakukan, saya yakin pelaksanaan Pilkada di Jatim ini akan berjalan baik dan lancar," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, Pada tahun ini tahapan-tahapan politik sudah dimulai, dan untuk 2018 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Situbondo adalah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Tentu proses politik tersebut ada pelaksananya, yaitu KPU dan Bawaslu. Sementara pemerintahan hanya melihat bagaimana pelaksanaan pilkada itu berjalan dengan lancar, jujur, adil, bebas dan rahasia.

"Alhamdulillah, situasi politik jelang pilkada di Situbondo ini sangat kondusif, kita berharap sampai pada pelaksanaan pemunggutan suara nanti berjalan dengan lancar dan aman," tandasnya.

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Situbondo, Murtapik, S.Sos menekankan agar seluruh PPL menjaga integritasnya. Sehingga integritas Pilgub Jawa Timur tetap terjaga. Menurutnya, integritas itu harus menjadi pegangan utama pengawas pemilu, karena proses pemilihan yang berintegritas hanya akan lahir dari para penyelenggara pemilu yang berintegritas.

"Tolong integritasnya sebagai pengawas dijaga, tanggung jawab PPL memastikan pelaksanaan Pilgub Jawa Timur di Situbondo khususnya di desa masing-masing berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya. (mur/had/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO