Kamis, 26 April 2018 11:02

Pantai Jumiang nan Memukau, Hamparan Pasir Putih dan Tebing Batu Tunggu Sentuhan Investor

Jumat, 12 Januari 2018 22:30 WIB
Wartawan: Erri Sugianto
Pantai Jumiang nan Memukau, Hamparan Pasir Putih dan Tebing Batu Tunggu Sentuhan Investor
Keindahan Pantai Jumiang di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan memesona.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pesona Pantai Jumiang memang tidak perlu diragukan lagi. Lokasi wisata pantai yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan tersebut bisa ditempuh 30 menit dengan mengendarai mobil maupun motor karena hanya berjarak 12 km dari pusat kota Pamekasan.

Kabupaten Pamekasan terletak dalam wilayah Provinsi Jawa Timur ini berada di Pulau Madura atau juga biasa di sebut pulau garam. Kabupaten yang berjuluk Gerbang Salam ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan, salah satunya Pantai Jumiang. Pantai yang pesona dan keindahan alamnya cukup fantastis.

Hamparan pasir putihnya dan hempasan air laut yang jernih kebiruan ditambah kumpulan tebing batu karang di sebelah timur, menambah pesona eksotis Pantai Jumiang tersebut.

Menurut Akhmad Sjaifudin Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui Kabid Pariwisata Khalifaturrahman, Pantai Jumiang merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang fokus dikembangkan pihaknya (pemkab).

"Pantai Jumiang akan kita kembangkan tahun ini," ungkapnya, Jum'at (12/1).

Menurutnya, potensi Pantai Jumiang sangat bisa dijual kepada wisatawan. Di mana, hamparan pasir putih serta tebing batu di sekitarnya cukup memukau untuk sekadar dinikmati pengunjung atau berfoto ria.

Di kawasan tersebut, lanjutnya, juga terdapat situs sejarah makam tokoh Madura yakni Adirasa yang merupakan Paman dari Jokotole (Pangeran Setyo Diningrat) yang juga tokoh sakti dari Keraton Sumenep pada abad 15 Masehi.

Khalifaturrahman menambahkan, pada tahun 2018 Pemkab akan menyediakan fasilitas utama seperti toilet, gazebo untuk menambah kenyamanan pengunjung Pantai Jumiang.

"Intinya kami akan membuat program yang bisa menarik pengunjung agar pantai jumiang ini menjadi rujukan wisata di Kabupaten Gerbang Salam," ujar Mamang sapaan akrabnya.

Di tahun 2018 pula, Pemkab akan akan mengadakan event Jumiang Beach Festival untuk lebih memperkenalkan pesona keindahan pantai tersebut.

Pemerintah juga menawarkan kerja sama bagi para investor yang ingin mengelola pantai yang eksotik. Sebab, ujarnya, tanpa keterlibatan investor sangat sulit bagi pemerintah daerah untuk membangun obyek wisata tersebut.

''Ada tiga hal yang bisa pengelolaan wisata dapat berjalan dengan baik. Pertama penyediaan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung, kedua tata kelola proyek dan ketiga penguatan Sumber Daya Manusia (SDM),'' tutur Mamang. (err/lan)

Rabu, 25 April 2018 00:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILKADA terus diselenggarakan dan saya selalu membanding di kala bertandang di banyak negara Asia, Eropa maupun Timur Tengah. Pergantian kepala daerah memang banyak mengeluarkan ongkos dan perubahan di mana-mana terus dikamp...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...