Jumat, 21 Februari 2020 17:22

​Kapolda Jatim Cek Persiapan Pengamanan Pendaftaran Pilgub Jatim di KPU

Senin, 08 Januari 2018 22:06 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
​Kapolda Jatim Cek Persiapan Pengamanan Pendaftaran Pilgub Jatim di KPU

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari pertama pendaftaran Pemilihan Gubernur, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin dan Pejabat Utama Polda Jatim, bersama Kapolrestabes Surabaya melakukan sidak persiapan pengamanan pelaksanaan pendaftaran Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur 2018 di kantor KPU Jatim, Senin (8/1).

Dalam sidak di kantor KPU Jatim ini, Kapolda langsung diterima oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito dan dua Komisiner KPU Jatim Choirul Anam dan M. Arbayanto, serta Komisioner Bawaslu Jatim Divisi Pencegahan Jatim Aang Khunaifi. 

Kapolda ditemui usai sidak mengatakan kedatangannya ini untuk melihat persiapan dan pengecekan pengamanan pendaftaran Bacagub dan Bacawagub di KPU Jatim. "Tapi kesiapan dari pada KPU-nya sendiri saya rasa sudah sangat oke. Pengamanan anggota juga siap di jalan-jalan, penuh untuk mengamankan,"ujarnya.

Kapolda meyakinkan kepada masyarakat, jika pihaknya siap mengawal proses pendaftaran. "Aspek pengamanan, kita yakini tidak ada masalah. Bisa ngatur mungkin rombongan tim tim pendukungnya, partai partai pendukungnya, dan juga pendukungnya, akan kita bantu sampai ke sini," tegasnya.

Kapolda menekankan, jika pengamanan dilaksanakan sampai dengan proses tahapan Pilkada selesai. Mulai dari tahapan pendaftaran, tahap penetapan calon, tahap pemilihan, hingga pengumuman pemenang. 

"Termasuk harus diamankan ini KPU, Bawaslu dan nanti calon-calonnya juga. Kita melekat, kita kawal. Kalau pengamanan secara menyeluruh sampai pelaksanaan," tambahnya.

Terkait dengan isu panas jelang pemilihan gubernur, Kapolda mengatakan tidak ada yang panas semuanya normal saja. Dan pihak kepolisian juga terus memantau media sosial selama pilgub Jatim ini. 

Sebelumnya, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito ditemui disela - sela pendaftaran, Senin (8/1) mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan konfirmasi atau komunikasi dari parpol yang mendaftar di hari pertama ini. 

Namun belum ada yang mendaftar pihaknya sudah menyiapkan tujuh petugas pendaftar bacagub dan Bacawagub. Dimana tiga petugas mengecek kelengkapan data diri bacagub dan Bacawagub, sementara itu empat petugas mengecek persyaratan pendukung bacagub dan Bacawagub dari partai politik.

"Sampai batas akhir pendaftaran yakni pukul 16.00 WIB tidak ada pasangan calon yang mendaftar. Kami akan tunggu hingga hari terakhir Rabu (10/1) pukul 24.00 WIB," terang Eko.

Meskipun belum ada pasangan calon yang mendaftar, tapi tim pemenangan kubu Gus Ipul maupun kubu Khofifah‎ mendatangi kantor KPU Jatim. Dari kubu Gus Ipul tampak Ketua Tim Pemenangan, Hikmah Bafaqih. Hikmah didampingi Fauzan Fuadi dari LPP PKB. Sementara dari kubu Khofifah terlihat kehadiran Sekretaris Tim Pemenangan, Renville Antonio. Renville didamping Freddy Poernomo, Ketua Harian DPD Partai Golkar Jatim.

"Kita hanya berkoordinasi masalah teknis. Itu saja, belum mendaftar hari ini. Insya Allah, kita mendaftar di hari terakhir. Nanti Pakde Karwo langsung yang mengantar Bu Khofifah dan Mas Emil," Pungkas politisi muda Demokrat tersebut. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...