Sabtu, 21 September 2019 21:24

​Kapolda Jatim Cek Persiapan Pengamanan Pendaftaran Pilgub Jatim di KPU

Senin, 08 Januari 2018 22:06 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
​Kapolda Jatim Cek Persiapan Pengamanan Pendaftaran Pilgub Jatim di KPU

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari pertama pendaftaran Pemilihan Gubernur, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin dan Pejabat Utama Polda Jatim, bersama Kapolrestabes Surabaya melakukan sidak persiapan pengamanan pelaksanaan pendaftaran Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur 2018 di kantor KPU Jatim, Senin (8/1).

Dalam sidak di kantor KPU Jatim ini, Kapolda langsung diterima oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito dan dua Komisiner KPU Jatim Choirul Anam dan M. Arbayanto, serta Komisioner Bawaslu Jatim Divisi Pencegahan Jatim Aang Khunaifi. 

Kapolda ditemui usai sidak mengatakan kedatangannya ini untuk melihat persiapan dan pengecekan pengamanan pendaftaran Bacagub dan Bacawagub di KPU Jatim. "Tapi kesiapan dari pada KPU-nya sendiri saya rasa sudah sangat oke. Pengamanan anggota juga siap di jalan-jalan, penuh untuk mengamankan,"ujarnya.

Kapolda meyakinkan kepada masyarakat, jika pihaknya siap mengawal proses pendaftaran. "Aspek pengamanan, kita yakini tidak ada masalah. Bisa ngatur mungkin rombongan tim tim pendukungnya, partai partai pendukungnya, dan juga pendukungnya, akan kita bantu sampai ke sini," tegasnya.

Kapolda menekankan, jika pengamanan dilaksanakan sampai dengan proses tahapan Pilkada selesai. Mulai dari tahapan pendaftaran, tahap penetapan calon, tahap pemilihan, hingga pengumuman pemenang. 

"Termasuk harus diamankan ini KPU, Bawaslu dan nanti calon-calonnya juga. Kita melekat, kita kawal. Kalau pengamanan secara menyeluruh sampai pelaksanaan," tambahnya.

Terkait dengan isu panas jelang pemilihan gubernur, Kapolda mengatakan tidak ada yang panas semuanya normal saja. Dan pihak kepolisian juga terus memantau media sosial selama pilgub Jatim ini. 

Sebelumnya, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito ditemui disela - sela pendaftaran, Senin (8/1) mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan konfirmasi atau komunikasi dari parpol yang mendaftar di hari pertama ini. 

Namun belum ada yang mendaftar pihaknya sudah menyiapkan tujuh petugas pendaftar bacagub dan Bacawagub. Dimana tiga petugas mengecek kelengkapan data diri bacagub dan Bacawagub, sementara itu empat petugas mengecek persyaratan pendukung bacagub dan Bacawagub dari partai politik.

"Sampai batas akhir pendaftaran yakni pukul 16.00 WIB tidak ada pasangan calon yang mendaftar. Kami akan tunggu hingga hari terakhir Rabu (10/1) pukul 24.00 WIB," terang Eko.

Meskipun belum ada pasangan calon yang mendaftar, tapi tim pemenangan kubu Gus Ipul maupun kubu Khofifah‎ mendatangi kantor KPU Jatim. Dari kubu Gus Ipul tampak Ketua Tim Pemenangan, Hikmah Bafaqih. Hikmah didampingi Fauzan Fuadi dari LPP PKB. Sementara dari kubu Khofifah terlihat kehadiran Sekretaris Tim Pemenangan, Renville Antonio. Renville didamping Freddy Poernomo, Ketua Harian DPD Partai Golkar Jatim.

"Kita hanya berkoordinasi masalah teknis. Itu saja, belum mendaftar hari ini. Insya Allah, kita mendaftar di hari terakhir. Nanti Pakde Karwo langsung yang mengantar Bu Khofifah dan Mas Emil," Pungkas politisi muda Demokrat tersebut. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...