Sabtu, 21 September 2019 10:47

Gerebek Pesta Miras, Belasan Pemuda di Lumajang Diciduk, Dua di antaranya Konsumsi Sabu

Minggu, 07 Januari 2018 19:42 WIB
Wartawan: Imron Ghozali
Gerebek Pesta Miras, Belasan Pemuda di Lumajang Diciduk, Dua di antaranya Konsumsi Sabu
Belasan pemuda saat diamankan petugas Satreskoba Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Belasan pemuda yang lagi asik pesta minuman keras oplosan digulung tim Opsnal Satreskoba Lumajang, Sabtu (06/01) kemarin, di Dusun Sumber Buntung, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian.

Dalam pesta minuman haram itu, petugas juga mendapati dua orang mengkonsumsi narkoba golongan satu jenis sabu. Selanjutnya, belasan pemuda tersebut digelandang menuju Mapolres Lumajang.

Kasat Reskoba Polres Lumajang AKP Priyo Purwandito melalui KBO Satresnarkoba Iptu Haryono membenarkan, bahwa petugas Reskoba telah mengamankan belasan pemuda yang diketahui menggelar pesta miras oplosan.

"Selain pesta miras, petugas mendapati dua pemuda lagi asik mengonsumsi sabu," kata Haryono, kemarin Minggu (07/01).

Menurut dia, penggerebekan pesta tersebut bermula saat petugas mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada belasan pemuda menggelar pesta di sebuah rumah di Dusun Sumber Buntung, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian.

"Benar mereka menggelar pesta miras oplosan dan sabu. Mereka kaget dengan kedatangan petugas, kemudian belasan pemuda diamankan di Mapolres Lumajang," ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan mendalam dan keterangan dari belasan pemuda itu, petugas Reskoba Lumajang menetapkan dua orang sebagai tersangka penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis sabu.

Dua pelaku yakni, Kasiyanto bin Marsit (24) warga Dusun Kebonan, Desa Pasirian Kecamatan Pasirian, dan Purwan Efendi bin Sunarto (24) warga Dusun Krajan, Desa Yugosari Kecamatan Candipuro.

Dari tangan Kasianto, petugas mengamankan barang bukti dua pipet kaca dan 4 skrop sabu terbuat dari sedotan warna putih yang dibungkus kertas warna putih, serta satu buah sedotan warna putih

Sedangkan dari Purwan, petugas menyita tiga buah plastik klip yang berisi serbuk kristal warna putih yang diduga sabu dengan berat total 0,37 gram, satu unit HP merk Nokia warna hitam. "Dua pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Lumajang," ungkapnya.

Dua pelaku diganjar Pasal 114 (1) sub 112 (1) Jo 127 (1) UURI No 35 tahun 2009, tentang Narkotika. "Petugas juga melakukan pengembangan dan menemukan pelaku lain yang terkait," tambahnya.

Sementara itu, untuk belasan pemuda lainnya yang diketahui menenggak miras oplosan, petugas hanya memberi sanksi moral. "Mereka kita pulangkan," pungkasnya. (ron/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...