Minggu, 23 Februari 2020 21:11

Gerebek Pesta Miras, Belasan Pemuda di Lumajang Diciduk, Dua di antaranya Konsumsi Sabu

Minggu, 07 Januari 2018 19:42 WIB
Wartawan: Imron Ghozali
Gerebek Pesta Miras, Belasan Pemuda di Lumajang Diciduk, Dua di antaranya Konsumsi Sabu
Belasan pemuda saat diamankan petugas Satreskoba Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Belasan pemuda yang lagi asik pesta minuman keras oplosan digulung tim Opsnal Satreskoba Lumajang, Sabtu (06/01) kemarin, di Dusun Sumber Buntung, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian.

Dalam pesta minuman haram itu, petugas juga mendapati dua orang mengkonsumsi narkoba golongan satu jenis sabu. Selanjutnya, belasan pemuda tersebut digelandang menuju Mapolres Lumajang.

Kasat Reskoba Polres Lumajang AKP Priyo Purwandito melalui KBO Satresnarkoba Iptu Haryono membenarkan, bahwa petugas Reskoba telah mengamankan belasan pemuda yang diketahui menggelar pesta miras oplosan.

"Selain pesta miras, petugas mendapati dua pemuda lagi asik mengonsumsi sabu," kata Haryono, kemarin Minggu (07/01).

Menurut dia, penggerebekan pesta tersebut bermula saat petugas mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada belasan pemuda menggelar pesta di sebuah rumah di Dusun Sumber Buntung, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian.

"Benar mereka menggelar pesta miras oplosan dan sabu. Mereka kaget dengan kedatangan petugas, kemudian belasan pemuda diamankan di Mapolres Lumajang," ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan mendalam dan keterangan dari belasan pemuda itu, petugas Reskoba Lumajang menetapkan dua orang sebagai tersangka penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis sabu.

Dua pelaku yakni, Kasiyanto bin Marsit (24) warga Dusun Kebonan, Desa Pasirian Kecamatan Pasirian, dan Purwan Efendi bin Sunarto (24) warga Dusun Krajan, Desa Yugosari Kecamatan Candipuro.

Dari tangan Kasianto, petugas mengamankan barang bukti dua pipet kaca dan 4 skrop sabu terbuat dari sedotan warna putih yang dibungkus kertas warna putih, serta satu buah sedotan warna putih

Sedangkan dari Purwan, petugas menyita tiga buah plastik klip yang berisi serbuk kristal warna putih yang diduga sabu dengan berat total 0,37 gram, satu unit HP merk Nokia warna hitam. "Dua pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Lumajang," ungkapnya.

Dua pelaku diganjar Pasal 114 (1) sub 112 (1) Jo 127 (1) UURI No 35 tahun 2009, tentang Narkotika. "Petugas juga melakukan pengembangan dan menemukan pelaku lain yang terkait," tambahnya.

Sementara itu, untuk belasan pemuda lainnya yang diketahui menenggak miras oplosan, petugas hanya memberi sanksi moral. "Mereka kita pulangkan," pungkasnya. (ron/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...