Rabu, 27 Mei 2020 04:15

Dideportasi dari Syuriah, akan 'Hidupkan' ISIS di Surabaya

Kamis, 14 Agustus 2014 22:36 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: rusmiyanto
Dideportasi dari Syuriah, akan
?rumah kontrakan yang cukup sederhana di lantai dua. Di tempat ini, rencananya anggota ISIS akan tinggal. Foto:rusmiyanto/BANGSAONLINE

SURABAYA (bangsaonline) - Densus 88 Antiteror menggerebeg rumah Jl Sidotopo Sekolahan gg I. Rumah ini dihuni Syaifudin Umar alias Abu Fida Saifudin, terduga sebagai anggota jaringan ISIS.

Penangkapan yang dilakukan Mabes Polri dibantu Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak dilakukan pada Kamis (14/8) pukul 14.00 WIB.

Terlebih dahulu, Densus 88 telah menangkap Abu Fida Saifudin pada Kamis dini hari di Jl Keputih, dengan dibantu anggota Polsek Sukolilo.

Saat pengerebekan yang dilakukan Densus 88, warga sekitar berbondong-bondong untuk melihat TKP.

Awal warga tidak mengetahui Abu Fida adalah anggota ISIS. Dari keterangan warga yang engan disebutkan namanya yang berada di lokasi kejadian, bahwa penghuni rumah tergolong baru sehingga warga kurang mengetahui aktifitas penghuni.

Dari informasi yang diterima Muhammad Syaifudin Umar alias Abu Fida alias Fuad Ali alias Syahrun, baru saja dideportasi dari Suriah.

Berdasarkan informasi, Abu Fida, baru saja dideportasi dari Suriah. Tidak jelas berapa lama dia berada di negara tersebut. Saat baru tiba di Surabaya, Abu Fida langsung ditangkap Densus 88 Anti Teror di kawasan Keputih.

Saat dihubunggi lewat via telfon Kapolsek Sukolilo Kompol Taufik Yulianto terkait tangkapan anggota ISIS di wilayah hukumnya, memberikan keterangan kepada Bangsaonline, selama Kamis pagi, pihak Polsek Sukolilo tidak mendapat laporan dari Densus 88 adanya tangkapan dugaan anggota ISIS yang berada di wilayah hukumnya.

"Untuk tangkapan teroris yang dilakukan Densus 88 di wilayah Polsek Sukolilo kita tidak ada laporan yang masuk, harusnya kita mendapat laporan," kataperwira berpangkat 1 dipundaknya.

Sedangkan Polres Pelabuhan Tanjung Perak ketika dikonfirmasi terkait pengerebekan di rumah Abu Fida yang berada di Jl. Sidotopo Sekolahan gg.1, saat dihubunggi wartawan membenarkan.

"Memang benar tapi kami hanya bertugas membantu pengamanan lokasi kejadian perkara, saat Densus 88 melakukan pengeledahan ", ujar Kasubag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Lily Jafar.

Pengeledahan yang dilakukan dirumah Muhammad Syaifudin Umar alias Abu Fida, Densus 88 Antiteror menemukan dua kardus.

Diperiksa, satu kardus berisi barang-barang elektronik seperti tablet, laptop, handphone, flashdisk, hard disk, dan lainnya. Dan satu kardus lainnya berisi berkas-berkas.

Selain dua kardus itu, polisi juga menyita empat buah paspor atas nama Hana Fathiyah Muhammad, Muhammad Fidaul haq, Aisyah al Masudah, dan Muhammad Syaifudin Umar.

Saat dikorek data lebih lanjut, ditemukan beberapa jumlah paspor yang bernamakan beberapa orang, AKP Lily tidak bisa berkomentar terlalu banyak, terkait nama-nama tersebut apakah juga anggota jaringan ISIS atau tidak.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...