Senin, 01 Juni 2020 08:23

Terima Penghargaan, Bupati Minta UPT Metrologi Legal Sidoarjo Tingkatkan Pelayanan

Senin, 04 Desember 2017 19:38 WIB
Wartawan: Mustain
Terima Penghargaan, Bupati Minta UPT Metrologi Legal Sidoarjo Tingkatkan Pelayanan
TERIMA PENGHARGAAN: Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah saat menerima penghargaan Pasar Tertib Ujur, di Bandung, Senin (4/12).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mewujudkan Kabupaten Sidoarjo sebagai Daerah Tertib Ukur mulai membuahkan hasil.

Ini dibuktikan dengan diraihnya Penghargaan Pasar Tertib Ukur dari Direktorat Jenderal Perlindungan dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, di Bandung, Senin (4/12).

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah. "Alhamdulillah, Sidoarjo menerima penghargaan lagi. Kali ini penghargaan Pasar Tertib Ukur," ujar Bupati saat dikonfirmasi wartawan melalui ponsel usai menerima penghargaan Pasar Tertib Ukur, Senin (4/12).

Saiful Ilah berharap setelah diterimanya penghargaan Pasar Tertib Ukur, kinerja UPT Metrologi Legal di bawah Disperindag Sidoarjo lebih baik lagi. Apalagi, Pemkab Sidoarjo menarget meraih penghargaan Daerah Tertib Ukur.

Bupati juga berharap meski UPT Metrologi Legal baru saja berdiri, sudah bisa memberikan pelayanan terbaik. "Setelah menerima penghargaan Pasar Tertib Ukur, kita harus meraih penghargaan Daerah Tertib Ukur," tandasnya.

Kabupaten Sidoarjo masuk kategori dalam Pasar Tertib Ukur bersama dengan 25 Kabupaten/Kota di wilayah Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II. Padahal, UPT Metrologi Legal baru saja diresmikan 6 September 2017 lalu.

Kepala Disperindag Sidoarjo, Dr Fenny Apridawati mengungkapkan, ada sejumlah kriteria penilaian sehingga Kabupaten Sidoarjo meraih penghargaan tersebut. Di antaranya semua Ukuran Takaran Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) bertanda tera sah yang berlaku. Selain itu semua pedagang pengguna UTTP sudah mendapat penjelasan langsung tentang penggunaan UTTP dengan benar.

Penilaian juga mencakup, pengelola pasar memiliki data yang valid tentang jumlah, jenis dan pemilik UTTP. Terakhir adalah, kabupaten/kota mempunyai program kerja pembinaan UTTP pasar.

Menurut Feny, selama ini pihaknya sudah menjalankan kriteria yang dimaksud. Meskipun pelaksanaan UTTP yang dikelola oleh Disperindag belum lama. “Kita sudah mempunyai Kantor Metrologi Legal sendiri di GOR Delta,” tandasnya.

Khusus untuk UTTP pasar, secara bertahap sudah diterapkan di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan pasar yang sudah diterapkan UTTP dan dijadikan penilaian dalam penghargaan Pasar Tertib Ukur, yakni Pasar Sukodono dan Pasar Taman.

“Semua pasar nantinya akan diterapkan UTTP,” tutup Feny. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...