Selasa, 23 Juli 2019 23:36

Verifikasi Perusahaan Pers Ditarget Selesai Akhir 2018

Sabtu, 02 Desember 2017 01:27 WIB
Wartawan: Hendro Utomo
Verifikasi Perusahaan Pers Ditarget Selesai Akhir 2018

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dewan Pers menargetkan verifikasi perusahaan pers bisa rampung akhir tahun 2018. Hal ini diungkapkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Akhmad Munir, saat membuka pelatihan jurnalistik di Kota Madiun.

“Banyak perusahaan pers baru bermunculan di era keterbukaan informasi sekarang ini. Makanya penting adanya standarisasi perusahaan pers melalui dewan pers,” kata Munir dalam acara yang dihadiri wartawan se-Kota Madiun itu.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini di Indonesia ada ratusan ribu media, baik itu cetak, online, maupun elektronik. Fenomena ini memaksa dewan pers melakukan verifikasi agar perusahaan pers memenuhi standar.

“Perusahaan pers harus dapat memenuhi kebutuhan operasionalnya, termasuk soal gaji wartawannya. Ini penting agar kerja dan produk yang dihasilkan wartawan juga profesional,” ujar Munir.

Dalam kesempatan itu, Munir mengingatkan agar wartawan selalu mematuhi kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya, utamanya wartawan yang perusahaannya belum memenuhi standarisasi.

“Sebab wartawan yang perusahaannya belum memenuhi standarisasi apabila berkasus bisa langsung dikenakan pidana umum. Salah satunya, pencemaran nama baik. Sebaliknya, wartawan tidak bisa langsung dipidanakan jika perusahaan persnya terverifikasi dewan pers. Penyelesaian wajib melalui undang-undang pers. Salah satunya hak jawab dan koreksi. Sebaliknya, dewan pers tidak dapat membantu lantaran perusahaan pers terkait belum memenuhi standarisasi,” pungkasnya. (hen/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...