Satgas Dana Desa Berharap Tidak Ada Lagi Kades Terjerat Korupsi

Satgas Dana Desa Berharap Tidak Ada Lagi Kades Terjerat Korupsi Suasana sosialisasi dana desa.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Satgas Dana Desa (DD) di bawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengadakan pelatihan pengelolaan pengadaan dana desa. Pelatihan ini digelar di hotel Front One dengan peserta 25 kepala desa dan perangkatnya, Selasa (28/11).

“Hal ini untuk menghindari perselisihan antara Kepala desa dengan pendamping DD, juga kepala desa dengan Badan Pengawas Desa (BPD) tentang pengelolaan DD,” ungkap Dauglas Pasaribu, Sekretaris Satgas DD Pusat.

“Oleh Karena itu, pelatihan ini kami undang 25 kepala desa beserta bendahara desa, pendamping desa serta BPD-nya. Jadi biar bersinergi antara Kepala desa, BPD dan pendamping guna mengelola DD dengan benar," tambah dia.

Dauglas menandaskan, pelatihan ini juga ada kaitannya dengan Kejadian OTT KPK yang juga melibatkan salah satu kepala desa di kabupaten Pamekasan. "Makanya biar tidak terjadi lagi kepala desa tersangkut korupsi dana desa," ungkapnya.

Pelatihan juga menekankan pemberdayaan masyarakat desa agar bisa terlibat langsung dalam pengelolaan DD serta Sinergi antara kepala desa, bendahara desa, BPD dan pendamping desa.

Kepala Desa Bilangan Barat H Faisol menyambut baik pelatihan pengelolaan DD. "Kalau kami mengerti dan paham tentang pengelolaan DD tidak ada lagi permasalahan di tingkat desa," ungkapnya.

Dia berharap agar semua pengelola DD dapat bersinergi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desanya masing-masing. (err/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO