Selasa, 20 Agustus 2019 02:25

Perkuat Poros Maritim, Satkorwil Banser Jatim Gelar Diklatsus Baritim

Jumat, 17 November 2017 20:35 WIB
Wartawan: Gunawan Wihandono
Perkuat Poros Maritim, Satkorwil Banser Jatim Gelar Diklatsus Baritim
Bupati Tuban saat mengalungkan ID card peserta Diklatsus Baritim.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Guna memperkuat kedaulatan Maritim, Satkorwil Barisan Serbaguna (Banser) Jawa Timur menggelar Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) Barisan Maritim (Baritim), Jumat (17/11). Latihan ini diadakan di Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, .

Ketua Pengurus Cabang (PC) Ansor Kabupaten Tuban, Syafiq Syauqi mengatakan, Diklatsus Baritim perlu dilaksanakan karena laut memiliki potensi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Indonesia merupakan Negara maritim, kita perlu mejaga potensi dan kedaulatan laut yang menjadi kekayaan kita. Kekayaan kelautan harus kita memanfaatkan bersama untuk memberdayakan masyarakat pesisir, selain itu juga wajib menjaganya dengan melestarikan lingkungan di kawasan pantai,” jelasnya.

Beberapa materi yang akan disampaikan dalam diklatsus itu, yakni di antaranya tentang wawasan Kemaritiman dan Undang-Undang Kelautan, potensi masyarakat sekitar pesisir, pelestarian pantai dan sebagainya.

“Ini merupakan amanah organisasi, di mana diklatsus ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Jawa Timur. Ke depan akan terus dilakukan di beberapa lain di jawa timur,” pungkasnya.

Sementara Bupati Fathul Huda yang membuka acara ini, dalam sambutannya berharap agar acara ini dapat menambah ilmu baru bagi anggota banser. Menurutnya, Banser merupakan ikon NU. Untuk itu, ia mengajak para anggota banser agar bangga dan bersyukur.

"Karena dengan bangga akan mencintai profesi sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Banser sebagai pengamanan setiap kegiatan yang dilakukan NU. Sehingga anggota banser harus siap dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan," ujarnya.

Dipaparkan Fathul Huda, setidaknya tiga hal yang harus dimiliki seorang anggota banser, yakni disiplin, keikhlasan, dan kebersamaan. “Tiga karakter inilah yang harus dimiliki Banser dan Insya Allah akan menjadi orang yang sempurna. Banser harus memiliki ilmu yang mulititalenta dan selalu siap bila diberikan amanah,” tutupnya. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...