Perkuat Poros Maritim, Satkorwil Banser Jatim Gelar Diklatsus Baritim

Perkuat Poros Maritim, Satkorwil Banser Jatim Gelar Diklatsus Baritim Bupati Tuban saat mengalungkan ID card peserta Diklatsus Baritim.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Guna memperkuat kedaulatan Maritim, Satkorwil Barisan Serbaguna (Banser) Jawa Timur menggelar Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) Barisan Maritim (Baritim), Jumat (17/11). Latihan ini diadakan di Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, .

Ketua Pengurus Cabang (PC) Ansor Kabupaten Tuban, Syafiq Syauqi mengatakan, Diklatsus Baritim perlu dilaksanakan karena laut memiliki potensi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Indonesia merupakan Negara maritim, kita perlu mejaga potensi dan kedaulatan laut yang menjadi kekayaan kita. Kekayaan kelautan harus kita memanfaatkan bersama untuk memberdayakan masyarakat pesisir, selain itu juga wajib menjaganya dengan melestarikan lingkungan di kawasan pantai,” jelasnya.

Beberapa materi yang akan disampaikan dalam diklatsus itu, yakni di antaranya tentang wawasan Kemaritiman dan Undang-Undang Kelautan, potensi masyarakat sekitar pesisir, pelestarian pantai dan sebagainya.

“Ini merupakan amanah organisasi, di mana diklatsus ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Jawa Timur. Ke depan akan terus dilakukan di beberapa lain di jawa timur,” pungkasnya.

Sementara Bupati Fathul Huda yang membuka acara ini, dalam sambutannya berharap agar acara ini dapat menambah ilmu baru bagi anggota banser. Menurutnya, Banser merupakan ikon NU. Untuk itu, ia mengajak para anggota banser agar bangga dan bersyukur.

"Karena dengan bangga akan mencintai profesi sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Banser sebagai pengamanan setiap kegiatan yang dilakukan NU. Sehingga anggota banser harus siap dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan," ujarnya.

Dipaparkan Fathul Huda, setidaknya tiga hal yang harus dimiliki seorang anggota banser, yakni disiplin, keikhlasan, dan kebersamaan. “Tiga karakter inilah yang harus dimiliki Banser dan Insya Allah akan menjadi orang yang sempurna. Banser harus memiliki ilmu yang mulititalenta dan selalu siap bila diberikan amanah,” tutupnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO