Sedimen Tergerus Banjir Hingga 1 Meter, Jembatan Gambiran di Lumajang Terancam Ambruk

Sedimen Tergerus Banjir Hingga 1 Meter, Jembatan Gambiran di Lumajang Terancam Ambruk Jembatan Gambiran

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Akibat terjangan lahar hujan Semeru bulan kemarin, jembatan Gambiran yang berada di Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan/Kabupaten , dikabarkan terancam ambruk.

Jembatan itu kondisinya terbilang mengkhawatirkan. Pasalnya, di bagian ujung sisi timur terdapat retakan. Hal itu disebabkan, terjangan banjir yang membawa material sampah, batu dan pasir yang menggerus sedimen di area pondasi jembatan hingga kedalaman 1 meter.

Selain penurunan sedimen, pondasi jembatan bagian barat amblas lantaran tidak kuat menahan air bercampur material batu dan pasir lahar hujan Semeru yang melintasi bawah jembatan. Separuh jalan di bagian ujung jembatan sebelah timur itu jgua mengalami retak memanjang.

Kondisi itu membuat warga sekitar dan pengendara motor yang sering melintas khawatir jalan akan amblas lebih parah, terlebih jika banjir bandang kiriman dari Gunung Semeru kembali terjadi.

Kepala Bidang Pengendalian Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Suprayetno mengakui sedimen di sekitar jembatan mengalami penurunan. "Sedimen tanah di sekitar pondasi jembatan Gambiran turun hingga 1 meter," katanya, kemarin Kamis (16/11).

Mengantisipasi turunnya sedimen disekitar pondasi akibat dorongan derasnya banjir bandang. DPUTR telah memasang jumbo bag di bagian pondasi secara memutar. "Sementara di jembatan gambiran sudah kita pasang jumbo bag untuk penahan laju derasnya air sungai," ungkapnya.

Meski demikian, Prayetno mengimbau agar masyarakat tidak panik. Sebab, kata dia, jembatan tersebut masih dalam kondisi baik dan bisa dilalui kendaraan roda empat dan dua.

"Retakan di ujung timur sudah lama. Tidak masalah masih bisa dilalui kendaraan, jika rusak berat maka kondisi jembatan akan berubah. Jembatan gambiran kan masih dalam kondisi baik," tuturnya. (ron/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO