Jumat, 23 Februari 2018 11:47

Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia Se-Jatim Sampaikan Kegelisahan ke Dewan

Selasa, 14 November 2017 21:24 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia Se-Jatim Sampaikan Kegelisahan ke Dewan
Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Jawa Timur menyampaikan aspirasi mereka ke DPRD Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Wilayah Jawa Timur menyampaikan kegelisahan mereka terhadap sejumlah masalah kepada DPRD Jatim. Sejumlah masalah yang menjadi aspirasi mereka itu di antaranya soal monopoli pasar modern terhadap pasar tradisional yang mematikan perekonomian masyarakat di bawah.

Koordinator Wilayah ISMEI Jatim, Fahmi Ismail mengungkapkan, pihaknya gelisah melihat makin terdesaknya usaha masyarakat kecil di kampung-kampung maupun permukiman oleh pasar modern yang semakin menjamur dan masuk ke wilayah permukiman warga. Kondisi itu secara tidak langsung membunuh usaha warung kelontong yang dimiliki warga.

“Kami berharap ada proteksi dari pemerintah terhadap usaha warga dari cengkeraman pemodal besar. Karena itu kami berharap ada perda atau pergub yang mengatur pendirian pasar modern agar tidak membunuh warung kelontong yang dikelola warga,” tegas Fahmi, Selasa (14/11).

Fahmi juga menyikapi tentang bonus demografi yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur, yakni 70 persen penduduk Jawa Timur pada tahun depan adalah kategori usia produktif. Potensi ini merupakan keuntungan yang harus dikelola oleh pemerintah secara baik, agar bisa mendongkrak pembangunan di provinsi paling Timur di Pulau Jawa tersebut.

Sebaliknya, kalau Pemprov Jatim tidak mampu atau gagal mengelola bonus demografi tersebut, maka bisa menjadi bom waktu yang berbalik menjadi bencana bagi Jawa Timur. Pasalnya, bila anak muda usia produktif itu tidak bekerja atau menganggur, kondisi itu akan menjadi kerawanan sosial yang bermuara pada tindak kriminalitas.

“Bonus demografi ini ibarat dua sisi mata pisau, bila bisa dikelola akan berdampak positif bagi Jawa Timur. Bila tidak, maka akan berpotensi pada kerawanan sosial dan menambah angka kemiskinan,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Fraksi NasDem-Hanura DPRD Jatim, Mochamad Eksan yang menemui delegasi mahasiswa itu menyambut positif inisiatif para mahasiswa yang berasal dari 40 kampus se-Jatim tersebut. 

Politikus NasDem ini berjanji akan menindaklanjuti sejumlah aspirasi yang disampaikan para mahasiswa tersebut. Tentunya, hal itu sesuai kapasitas pihaknya sebagai anggota parlemen yang mempunyai tiga fungsi yaitu, pengawasan, legislasi dau penganggaran.

“Aspirasi para mahasiswa itu semuanya positif, kami akan tindaklanjuti aspirasi tersebut. Untuk perlindungan terhadap pasar tradisional sebenarnya sudah ada perdanya, tinggal didorong lagi penegakkannya. Soal bonus demografi, saya kira juga sudah menjadi perhatian Pakde Karwo selaku Gubernur Jawa Timur,” pungkas anggota Komisi E ini. (mdr)

Rabu, 21 Februari 2018 17:45 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*GEMURUH pilkada dan pilgub Jatim terus membuncah menyuarakan duntum yang menggema di hayat rakyat, sepertalian dengan girangnya parpol mendapat nomor kepesertaan dalam pemilu 2019 tempo hari, Ahad, 18 Februari 2018. Di hari itu, ...
Sabtu, 17 Februari 2018 22:42 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Baik ayat ya...
Sabtu, 17 Februari 2018 11:26 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 19 Februari 2018 22:59 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com – Sebuah karya foto ditampilkan artis cantik Katie Price. Dalam foto yang diposting di Instagram itu, tampak dia telanjang bulat lalu dilumuri coklat. Jadi kepingin menjilati nih....."Oh sayang, saya mencoba mandi coklat b...