Gempa 3.8 Skala Richter Guncang Bojonegoro dan Sekitarnya

Gempa 3.8 Skala Richter Guncang Bojonegoro dan Sekitarnya

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Tretes, Pasuruan, Jawa Timur merilis bahwa gempa tektonik berkekuatan 3.8 Skala Richter telah mengguncang wilayah Bojonegoro dan sekitarnya, Kamis siang (19/10).

Gempa ini terjadi pada pukul 10:49:15 WIB, di 15 kilometer Timur Laut Bojonegoro pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT kedalaman 9 kilometer. Menurut hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi di wilayah Bojonegoro ini berkekuatan M = 3.8 Skala Richter.

"Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas Sesar Rembang," jelas Kepala Stasiun Geofisika Klas II Tretes, Suwardi.

Getaran gempa bumi dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang terjadi ini, belum ada laporan lagi terkait gempa bumi susulan.

Sehubungan dengan kejadian gempa bumi tersebut, ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpancing dengan isu yang menyesatkan.

Suwardi meminta masyarakat selalu memantau informasi resmi yang disampaikan oleh BMKG, melalui media masa. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO