Gempa Tektonik 4.0 Magnitudo Guncang Bojonegoro

Gempa Tektonik 4.0 Magnitudo Guncang Bojonegoro

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Gempa bumi berkekuatan 4.0 magnitudo mengguncang dan sebagian wilayah Tuban, Senin pagi, 12 Juni 2023. Gempa terjadi pada pukul 08.04.23 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,0. Episenter gempa bumi berada pada koordinat 7,11° LS; 111,85° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak enam kilometer Barat Laut Jawa Timur pada kedalaman 7 km.

Dengan mengamati lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal diakibatkan aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan hasil shakemap atau pemodelan peta guncangan, gempa bumi ini dapat dirasakan di dan Tuban, dengan skala intensitas II–III MMI. Getarannya terasa dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujar Ardhian Orianto, Kepala Pelaksanaan BPBD .

Gempa bumi diperkirakan terjadi susulan, namun hingga berita ini diturunkan, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tidak termakan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya dan tetap tenang. Agar menghindari dari bangunan yang rusak atau retak yang disebabkan oleh gempa. Periksa dan pastikan tempat tinggal tahan terhadap gempa, ataupun tidak ada kerusakan diakibatkan getaran gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutupnya. (had/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO