Gempa M 4,0 di Bojonegoro Berdampak di Tuban

Gempa M 4,0 di Bojonegoro Berdampak di Tuban Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto Padama.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,0 yang mengguncang wilayah ternyata juga berdampak di , tepatnya di Kecamatan Rengel dan Parengan, Senin (12/6/2023). Kepala Stasiun Meteorologi , Zem Irianto Padama, memastikan hal tersebut. 

Sesuai hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (), titik terletak pada koordinat 711 LS: 111,85” BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Laut dengan kedalaman 7 km.

"Jenis bumi ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, merupakan jenis bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, dan intensitas getarannya dapat dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu," urai Zem.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil permodelan peta guncangan (shakemap), dampak bumi ini dirasakan di dan dengan skala intensitas II–III MMI. Artinya, skala intensitas ini getarannya dapat dirasakan seperti truk yang lewat dan nyata di dalam rumah, tapi dipastikan tidak ada susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Kemudian, masyarakat perlu menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh ," tuturnya.

Sementara itu, Galuh (25) asal Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, , mengaku sempat sempoyongan seperti orang mabuk saat .

"Saat terjadi sempat panik dan tidak bisa berbuat apa-apa, karena badannya terasa kaku seperti syok. Gak ada semenit guncangannya tapi kerasa banget, sampai gak bisa lapo-lapo mbak," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Farid, warga Dusun Gampeng, Desa Parang Batu, Kecamatan Parengan. Ia merasakan dan guncangannya lebih kerasa hingga atap rumah bergetar.

"Parengan lumayan besar getarannya, atap rumah sampai bunyi," ucapnya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada laporan terkait kerusakan maupun korban jiwa. Pihak masih terus berkoordinasi dengan BPBD, TNI dan Polri terkait peristiwa alam tersebut. (wan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO