Pertamina dan PTPN XI Salurkan Dana Kemitraan Rp 100 Miliar Bagi 3.400 Petani Tebu di Lumajang

Pertamina dan PTPN XI Salurkan Dana Kemitraan Rp 100 Miliar Bagi 3.400 Petani Tebu di Lumajang Penadatangan MoU Pertamina dan PTPN XI. foto: IMRON/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLIE.com - Pertamina (Persero) menyalurkan dana program kemitraan sebesar Rp 100 miliar kepada 3400 orang mitra petani tebu binaan PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI).

Penyaluran pinjaman dana kemitraan ini secara simbolis diserahkan oleh VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Agus Mashud bersama Area Manager CSR & SMEPP JatimBalinus, Binu Bowo Ispramito kepada Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari bersama perwakilan kelompok tani tebu di Lumajang, Rabu (11/10).

“Melalui kerjasama sinergi penyaluran dana Program Kemitraan BUMN pembina ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Kemitraan BUMN dan meningkatkan pendapatan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya. Karena budidaya penanaman tebu merupakan usaha yang mempuyai kaitan agribisnis yang cukup panjang sejak dari penyediaan bibit, sarana produksi, usaha budidaya sampai panen,” ujar Agus Mashud.

Agus menjelaskan, kerjasama sinergi pada Masa Tanam 2017/2018 ini akan berlangsung selama 14 bulan, dari proses tanam dan garap sampai dengan Proses TMA (Tebang, Muat dan Angkut). Kerjasama ini juga hingga proses pemotongan hasil panen oleh PTPN XI terhadap Petani Gula sebagai bagian dari proses collecting untuk pengembalian pinjaman Program Kemitraan terhadap Pertamina.

“Penyaluran akan dilakukan selama 4 tahap. Direncakan dalam tahap awal akan disalurkan sebesar Rp 10 Miliar, tahap kedua Rp 40 Miliar, tahap ketiga Rp 30 Miliar dan tahap keempat Rp 20 Miliar sehingga total sebesar Rp 100 Miliar. Penyaluran ini diharapkan selesai di akhir bulan Desember 2017 dan penyaluran dana program kemitraan tersebut dapat maksimal diserap oleh Petani Tebu, sesuai dengan musim hujan sehingga bisa memaksimalkan periode tanam dan garap,” tutur Agus.

Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari menjelaskan, sejak dihapuskannya KKP-E (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi), penyaluran pinjaman dana kemitraan menjadi tugas Pertamina sebagai BUMN Pembina dan PTPN XI sebagai BUMN Penyalur. Pinjaman ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu dan pendapatan petani tebu rakyat yang dapat menghindarkan mereka dari para rentenir.

“Program kemitraan ini juga menjadi wujud kepedulian Pertamina dan PTPN XI sebagai BUMN untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya serta dalam mendorong percepatan tercapainya program swasembada gula nasional yang dicanangkan Pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, di tahun 2016 program kemitraan serupa juga telah berhasil disalurkan Pertamina kepada petani tebu di wilayah kerja PTPN X sebesar Rp 69 Milyar pada periode masa tanam 2016/2017.(ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO