Minggu, 21 April 2019 02:13

Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM

Kamis, 05 Oktober 2017 13:47 WIB
Wartawan: Akina Nur Alana
Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM
Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

BLITAR, BANGSANOLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar saat ini tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata. Namun pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar itu, sejauh ini dinilai tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto. Untuk itu, DPRD Kabupaten Blitar meminta pemerintah untuk mulai meningkatkan SDM masyarakat di Kabupaten Blitar yang sadar Wisata. Sehingga pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Blitar lebih maksimal.

Sadar wisata yang dimaksud, kata Suwito salah satunya adalah, masyarakat yang tinggal di dekat lokasi wisata harus memperlakukan potensi wisata dengan bijaksana. Terutama wisata alam. Contohnya mempromosikan tempat wisata harus dibarengi dengan tanggungjawab dari seluruh elemen masyarakat agar potensi wisata alam ini tetap terjaga kelestariannya.

"Hingga saat ini, kesadaran masyarakat masih kurang, meski ada kelompok-kelompok warga yang membangun wisata di kabupaten Blitar," jelas Suwito Saren Satoto, Kamis (5/10).

Selain perlu adanya peningkatan SDM, lanjut Suwito Saren Satoto, akses jalan menuju objek wisata juga perlu ditingkatkan. Ia menilai, meski fasilitas jalan menuju lokasi wisata sudah banyak yang diperbaiki, seperti pelebaran dan peningkatan kelas jalan, namun kondisi sekitar jalur menuju tempat wisata masih banyak yang kurang mendukung.

Salah satunya yang harus menjadi perhatian adalah kondisi sekitar jalur wisata yang nampak terlalu gersang. Kondisi itu kurang mendukung keindahan di lokasi wisata itu sendiri. Sehingga banyak dikeluhkan oleh wisatawan.

“Untuk menuju wisata alam harus ada daya dukung, selain masyarakatnya yang ramah, wisatawan akan tertaik jika di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata terlihat indah dan asri. Dan lagi-lagi di sini pemerintah harus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar memperlakukan pohon dan tanaman secara baik, jangan asal potong, sehingga jalanya terasa gersang,” ungkapnya.

Meski masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, namun menurut Suwito, dewan mendukung upaya Pemkab Blitar mengembangkan sektor pariwisata. Karena dengan potensi yang ada diharapkan ke depan sektor wisata bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar.  (blt1/tri/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...