Jumat, 14 Agustus 2020 21:05

Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM

Kamis, 05 Oktober 2017 13:47 WIB
Wartawan: Akina Nur Alana
Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM
Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

BLITAR, BANGSANOLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar saat ini tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata. Namun pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar itu, sejauh ini dinilai tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto. Untuk itu, DPRD Kabupaten Blitar meminta pemerintah untuk mulai meningkatkan SDM masyarakat di Kabupaten Blitar yang sadar Wisata. Sehingga pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Blitar lebih maksimal.

Sadar wisata yang dimaksud, kata Suwito salah satunya adalah, masyarakat yang tinggal di dekat lokasi wisata harus memperlakukan potensi wisata dengan bijaksana. Terutama wisata alam. Contohnya mempromosikan tempat wisata harus dibarengi dengan tanggungjawab dari seluruh elemen masyarakat agar potensi wisata alam ini tetap terjaga kelestariannya.

"Hingga saat ini, kesadaran masyarakat masih kurang, meski ada kelompok-kelompok warga yang membangun wisata di kabupaten Blitar," jelas Suwito Saren Satoto, Kamis (5/10).

Selain perlu adanya peningkatan SDM, lanjut Suwito Saren Satoto, akses jalan menuju objek wisata juga perlu ditingkatkan. Ia menilai, meski fasilitas jalan menuju lokasi wisata sudah banyak yang diperbaiki, seperti pelebaran dan peningkatan kelas jalan, namun kondisi sekitar jalur menuju tempat wisata masih banyak yang kurang mendukung.

Salah satunya yang harus menjadi perhatian adalah kondisi sekitar jalur wisata yang nampak terlalu gersang. Kondisi itu kurang mendukung keindahan di lokasi wisata itu sendiri. Sehingga banyak dikeluhkan oleh wisatawan.

“Untuk menuju wisata alam harus ada daya dukung, selain masyarakatnya yang ramah, wisatawan akan tertaik jika di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata terlihat indah dan asri. Dan lagi-lagi di sini pemerintah harus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar memperlakukan pohon dan tanaman secara baik, jangan asal potong, sehingga jalanya terasa gersang,” ungkapnya.

Meski masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, namun menurut Suwito, dewan mendukung upaya Pemkab Blitar mengembangkan sektor pariwisata. Karena dengan potensi yang ada diharapkan ke depan sektor wisata bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar.  (blt1/tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...