Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM

Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

BLITAR, BANGSANOLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar saat ini tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata. Namun pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar itu, sejauh ini dinilai tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto. Untuk itu, DPRD Kabupaten Blitar meminta pemerintah untuk mulai meningkatkan SDM masyarakat di Kabupaten Blitar yang sadar Wisata. Sehingga pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Blitar lebih maksimal.

Sadar wisata yang dimaksud, kata Suwito salah satunya adalah, masyarakat yang tinggal di dekat lokasi wisata harus memperlakukan potensi wisata dengan bijaksana. Terutama wisata alam. Contohnya mempromosikan tempat wisata harus dibarengi dengan tanggungjawab dari seluruh elemen masyarakat agar potensi wisata alam ini tetap terjaga kelestariannya.

"Hingga saat ini, kesadaran masyarakat masih kurang, meski ada kelompok-kelompok warga yang membangun wisata di kabupaten Blitar," jelas Suwito Saren Satoto, Kamis (5/10).

Selain perlu adanya peningkatan SDM, lanjut Suwito Saren Satoto, akses jalan menuju objek wisata juga perlu ditingkatkan. Ia menilai, meski fasilitas jalan menuju lokasi wisata sudah banyak yang diperbaiki, seperti pelebaran dan peningkatan kelas jalan, namun kondisi sekitar jalur menuju tempat wisata masih banyak yang kurang mendukung.

Salah satunya yang harus menjadi perhatian adalah kondisi sekitar jalur wisata yang nampak terlalu gersang. Kondisi itu kurang mendukung keindahan di lokasi wisata itu sendiri. Sehingga banyak dikeluhkan oleh wisatawan.

“Untuk menuju wisata alam harus ada daya dukung, selain masyarakatnya yang ramah, wisatawan akan tertaik jika di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata terlihat indah dan asri. Dan lagi-lagi di sini pemerintah harus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar memperlakukan pohon dan tanaman secara baik, jangan asal potong, sehingga jalanya terasa gersang,” ungkapnya.

Meski masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, namun menurut Suwito, dewan mendukung upaya Pemkab Blitar mengembangkan sektor pariwisata. Karena dengan potensi yang ada diharapkan ke depan sektor wisata bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar.  (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO