Senin, 19 Agustus 2019 07:25

Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM

Kamis, 05 Oktober 2017 13:47 WIB
Wartawan: Akina Nur Alana
Genjot Pariwisata, DPRD Nilai Pemkab Blitar Lupa Kembangkan Kualitas SDM
Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

BLITAR, BANGSANOLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar saat ini tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata. Namun pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar itu, sejauh ini dinilai tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto. Untuk itu, DPRD Kabupaten Blitar meminta pemerintah untuk mulai meningkatkan SDM masyarakat di Kabupaten Blitar yang sadar Wisata. Sehingga pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Blitar lebih maksimal.

Sadar wisata yang dimaksud, kata Suwito salah satunya adalah, masyarakat yang tinggal di dekat lokasi wisata harus memperlakukan potensi wisata dengan bijaksana. Terutama wisata alam. Contohnya mempromosikan tempat wisata harus dibarengi dengan tanggungjawab dari seluruh elemen masyarakat agar potensi wisata alam ini tetap terjaga kelestariannya.

"Hingga saat ini, kesadaran masyarakat masih kurang, meski ada kelompok-kelompok warga yang membangun wisata di kabupaten Blitar," jelas Suwito Saren Satoto, Kamis (5/10).

Selain perlu adanya peningkatan SDM, lanjut Suwito Saren Satoto, akses jalan menuju objek wisata juga perlu ditingkatkan. Ia menilai, meski fasilitas jalan menuju lokasi wisata sudah banyak yang diperbaiki, seperti pelebaran dan peningkatan kelas jalan, namun kondisi sekitar jalur menuju tempat wisata masih banyak yang kurang mendukung.

Salah satunya yang harus menjadi perhatian adalah kondisi sekitar jalur wisata yang nampak terlalu gersang. Kondisi itu kurang mendukung keindahan di lokasi wisata itu sendiri. Sehingga banyak dikeluhkan oleh wisatawan.

“Untuk menuju wisata alam harus ada daya dukung, selain masyarakatnya yang ramah, wisatawan akan tertaik jika di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata terlihat indah dan asri. Dan lagi-lagi di sini pemerintah harus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar memperlakukan pohon dan tanaman secara baik, jangan asal potong, sehingga jalanya terasa gersang,” ungkapnya.

Meski masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, namun menurut Suwito, dewan mendukung upaya Pemkab Blitar mengembangkan sektor pariwisata. Karena dengan potensi yang ada diharapkan ke depan sektor wisata bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar.  (blt1/tri/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...