Kesenian "Tembheng Macapat" masih Dilestarikan di Madura

Kesenian "Tembheng Macapat" masih Dilestarikan di Madura Pagelaran Tembheng Macapat di Sumenep. foto: istimewa

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - "Tembheng Macapat" adalah sebutan macopat dari Pulau Madura. Biasanya dalam pembacaan macopat ini diiringi dengan alunan musik.

Seiring dengan penyebaran dan perkembangan agama Islam di berbagai wilayah nusantara, Tembheng Macapat inipun menyebar ke Madura.

Tembheng Macapat Madura berawal dari Jawa. Dan pada dasarnya merupakan kumpulan dari beberapa Tembhang Jawa Kuno. Yang setiap baris kalimat disebut gatra dan setiap gatra memiliki sejumlah suku kata (guru wilangan) tertentu dan berakhir pada bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu.

Di Madura sendiri Tembhang Macapat dalam bahasa Jawa akan diubah menjadi bahasa Madura. Pada umumnya macapat memiliki arti yaitu “Maca Papat-papat” yang memiliki arti cara membaca Tembheng Macapat ini terjalin tiap empat suku kata.

Tembheng Macapat Madura memiliki ikatan aturan, Tembheng yaitu jumlah gatra (padde) dari masing – masing tembheng berbeda, mengikuti aturan guru lagu dan guru wilangan yang sama. Tembheng Macapat Madura memiliki keunikan tersendiri yaitu lebih diutamakan cengkok atau lagu pada tembheng itu.

Tembheng biasanya digelar warga Madura ketika memiliki hajatan. Nur (52), satu tokoh pentas Tembheng Macapat yang berasal dari Kecamatan Gapura, Sumenep, mengatakan, “Kesenian Tembheng Macapat Madura ini masih dijaga oleh masyarakat Madura. Kesenian Tembheng Macapat Madura ini sudah saya naungi selama 10 tahun. Saya bisa melestarikan kesenian ini bersama teman-teman pemain lainnya,” tutur Nur, satu anggota Kesenian Tembheng Madura.

Jenis Tembheng Macapat Madura, dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Tembheng Raja, Tembheng Tengahan dan Tembheng Macopat atau Tembheng Kene’.

Tembheng Macapat atau Tembheng Kene’ merupakan tembheng yang biasa dimainkan di Pulau Madura. Jenis dari tembheng ini ada 11 macam tembheng yaitu Salanget (Kinanti), Pucung, Mejil (Medjil), Maskumambang, Durma, Kasmaran (Asmaradana), Pangkor, Senom (Sinom), Artate’ (Dandanggula), Megattro (Megatruh), Gambuh.

Jika dipilah-pilah isinya, antara lain:

1. Tembheng Salanget (Kinanti) merupakan tembheng yang melukiskan cerita – cerita percintaan (kasih sayang)

2. Tembheng Pucung adalah tembheng tentang sembrana parikena (sembarang) yang biasanya dipakai untuk menceritakan hal-hal yang ringan, jenaka atau teka-teki.

3. Mejil (Medjil) yaitu tembheng yang mengungkapkan dan melukiskan rasa sedih. selain itu Medjil uga memuat pula kisah-kisah nasehat yang berisi tentang kebesaran Sang Pencipta.

4. Maskumambang (Kumambang) memiliki arti mengapung.

Ini satu Tembheng Maskumambang:

Mon nyeroan ratona banne ngerenge

Mastena nyeroan

Tao se ekabhutowen

Dha’ ka oreng a manfaat

Artinya : kalau lebah pemimpinnya bukan kecoak, seharusnya lebah mengerti tentang kebutuhan kepada manusia yang sangat bermanfaat.

5. Durma (Sima) memiliki arti harimau, dengan isi cerita yang cenderung keras. Karena tembheng ini melambangkan tiga nafsu manusia yang mewakili nafsu angkara, nafsu mudah marah serta nafsu birahi. Tembheng ini menggambarkan cerita-cerita perkelahian, perang serta kondisi psikologi.

6. Asmaradana (Kasmaran) dalam arti Madura disebut kesemsem yang artinya jatuh cinta atau kasmaran. Tembheng ini biasanya digunakan untuk menggambarkan perasaan cinta ataupun rasa sedih. selain itu juga memberikan gambaran rasa senang, bahagia tidak ada pikiran susah dan senantiasa berada dalam kondisi gembira.

Ini Contoh tembang Asmaradana:

Dhu tang ana’ reng se raddhin, se gentheng pole parjuga

Sopaja enga’ ba’na kabbhi jha’ odhi’ bedheh neng dunnyah

Koddhu ba’na enga’a, sabbhen are korang omor, sajen abit, sajen korang

Sabelun dhepa’ ka jenji, la mara pong – pong sateya

Bannya’-bannya’ pangabekte, alakowa parentana, jeu’i larangannah

Gusteh Allah Maha Agung, ngobesanne alam dunnyah

Dhu tang ana’ estowaghi , asareya kabecce’an menangka sangona odhi’

Neng dunnyah coma sakejhe’ , omor ta’ asomaja tako’ dhapa’ dhe’ ka omor

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO