Ribuan Pelari Trail Run akan Penuhi Kawasan Wisata BTS

Ribuan Pelari Trail Run akan Penuhi Kawasan Wisata BTS Gus Ipul bersama para Ofiicial BTS Ultra 2017 foto bersama di ruang kerja Wagub.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 742 pelari Indonesia dipastikan akan mengikuti ajang bergengsi di dunia lari, yakni Bromo Tengger Semeru (BTS) Ultra Trail 2017. Sementara ratusan pelari lainnya berasal dari 33 negara juga ikut ambil bagian dalam event yang akan digelar pada 3-5 November mendatang.

Negara-negara dari luar negeri yang ikut event tahunan ini antara lain, Prancis, Jerman, Swiss, Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Hongkong dan sejumlah negara-negara di Eropa. Lomba lari lintas alam ini disebut ultra jarak tempuhnya lebih dari 42 kilometer.

"Saya sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), sangat mendukung sekali event ini. Selain memang menarik, event ini juga mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Jatim," ujar Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, usai menerima kunjungan dari panitia penyelenggara BTS Ultra di ruang kerjanya, Jumat (22/9).

Gus Ipul, sapaan Wagub Jatim mengaku sangat bangga terhadap event ini karena salah satunya BTS Ultra tidak menggunakan dana APBD. Bahkan tidak ada hadiah bagi pemenangnya. “Hadiahnya hanya kebanggaan dan poin yang bisa digunakan untuk event yang lebih bergengsi di tingkat internasional," tegasnya.

Race Director BTS Ultra, Rudi Rochmansyah mengatakan, lomba ultra trail ini lebih berat dibanding lari di jalanan datar. Maka dari itu, kualifikasi dilakukan dengan ketat untuk keselamatan pelari. Dalam event ini, rute akan naik turun. Sehingga dibutuhkan stamina yang benar-benar kuat.

Ada empat nomor yang diiombakan. Jarak terjauh 170 km. Peserta untuk nomor ini harus sudah pernah finish lari ultra trail 100 km dalam lomba sebelumnya. "Hampir seluruh pelari elit ultra trail Indonesia turun di nomor ini," ungkapnya.

Pelari yang berhasil finish di nomor 170 km dan 102 km, kata dia, akan mendapatkan poin. Poin itu dapat digunakan sebagai salah syarat untuk ikut lomba lari serupa yaitu di Ultra-Trail du Mont Bianc (UTMB). UTMB adalah lomba impian bagi pelari trail yang dilangsungkan di Prancis, Swiss, dan ltalia.

"Semua kombinasi lari ini ada di BTS. Panas dan dingin sekaligus. Berlari di lautan pasir gunung Bromo, menerabas padang rumput, menembus lebat hutan di Semeru, hingga tenangnya air di Danau Ranu Kumbolo," pungkasnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO