MKGR Siap Turun Tangan Atasi Kekeringan di 23 Daerah di Jatim

MKGR Siap Turun Tangan Atasi Kekeringan di 23 Daerah di Jatim Ketua DPD Ormas MKGR Jawa Timur, Kodrat Sunyoto.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memasuki musim kemarau, 23 daerah di Jawa Timur mengalami kekeringan. Kondisi itu tak lepas dari perhatian ormas Musyawarah Kekeluargaan dan Gotong Royong (MKGR). Ormas pendiri Partai Golkar ini siap turun tangan membantu penanganan bencana kekeringan di sejumlah kabupaten/kota di Jatim.

Ketua DPD , Kodrat Sunyoto mengatakan dalam peraturan penanganan bencana ada tiga unsur atau stakeholder yang bisa membantu bencana, yaitu Pemerintah, Perusahaan, dan Masyarakat. Nah, dari unsur yang ketiga ini, organisasi Masyarakat (MKGR) ingin melopori dengan terlibat dalam penanganan bencana kekeringan di Jatim dengan memberikan bantuan air baik melalui tangki maupun sumur bor.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim ini mengungkapkan, menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim ada 23 Kabupaten di Jatim yang mengalami bencana kekeringan. Maka itu, sebelum memberikan bantuan terkait kekeringan tersebut MKGR melakukan Forum Group Discussion (FGD) dengan mendatangkan kepala BPBD Jatim Sudharmawan. Dengan begitu permasalahan yang sesungguhnya bisa diketahui sehingga memudahkan penanganannya.

"Dengan adanya materi pemetaan bencana kekeringan dari BPBD, Ormas MKGR akan langsung turun ke daerah kekeringan," tegas Kodrat Sunyoto, Kamis (21/9).

Terkait titik pemberian bantuan air oleh MKGR, ia mengatakan untuk bantuan ini nanti akan diberikan kepada daerah yang mengalami kekeringan terparah. Ia mencontohkan waktu tahun lalu di Lamongan kekeringan parah, MKGR langsung memberikan bantuan tersebut dengan dibantu oleh MKGR Kabupaten Lamongan

"Pemberian bantuan ini tidak hanya saja, tetapi juga ada bantuan dari ormas MKGR di Kabupaten/Kota di Jatim, sehingga kekeringan dapat tertangani baik dan cepat,"ujar anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

Sementara itu Sekretaris DPD I Partai Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjutak menyambut positif langkah yang dilakukan oleh MKGR dalam mengatasi kekeringan di Jatim. Menurutnya, Partai Golkar akan mendukung langkah kemanusiaan tersebut. 

“Inisiatif MKGR membantu masyarakat yang mengalami kekeringan membuktikan mereka sudah menyatu dengan masyarakat. Terbukti, tanpa diimbah MKGR bergerak langsung ke Lapangan untuk membantu kekeringan di Jatim, supaya bencana kekeringan ini dapat teratasi dengan cepat dan baik,” pungkas Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim itu. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO