Khofifah Lepas Kapal Kemanusiaan Berisi 2 Juta Kilogram Beras untuk Rohingya

Khofifah Lepas Kapal Kemanusiaan Berisi 2 Juta Kilogram Beras untuk Rohingya Mensos Khofifah Indar Parawansa di atas KM Cimbria sebelum melepas bantuan beras untuk rakyat Rohingya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa melepas 80 kontainer berisi 2 juta kilogram beras untuk pengungsi , Myanmar. Bantuan tersebut berasal dari masyarakat Indonesia yang dikanalisasi melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kapal kemanusiaan berukuran 27.104 GRT tersebut diberangkatkan dari Tanjung Perak, Surabaya menuju Bangladesh. Diperkirakan KM Cimbria milik PT Samudera Indonesia itu akan menempuh jarak kurang lebih 6000 kilometer dan akan tiba 4 Oktober mendatang.

"Bantuan ini memperlihatkan bahwa jiwa solidaritas masyarakat Indonesia kepada sangat besar, melihat waktu pengumpulannya yang kurang dari satu minggu," tutur Khofifah, Kamis (21/9).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU ini mengatakan, apa yang terjadi di Rakhine State, Myanmar sudah pasti menggugah hati siapa pun. Mengingat kejadian tersebut adalah bencana kemanusiaan lantaran jumlah korban yang tewas pun cukup banyak.

Karenanya, kanalisasi bantuan masyarakat melalui ACT dinilai menjadi opsi tepat, guna menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin memberikan bantuan kepada namun merasa bingung mau disalurkan ke mana .

Sebelumnya, kata Khofifah, Pemerintah Indonesia sendiri, telah menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada melalui beberapa tahap dan terahir sebanyak 34 ton yang terdiri dari makanan siap saji, paket sembako, family kit, tangki air, tenda untuk pengungsi, pakaian anak serta selimut.Bantuan ini diangkut menggunakan empat pesawat Hercules, 13 September lalu yang dilepas langsung oleh Presiden.

"Saya sangat mengapresiasi kiprah dan kerja cepat yang ditunjukkan ACT untuk membantu krisis kemanusiaan ," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO