Jumat, 03 Juli 2020 20:36

Sumber Maron Wisata Pemandian Alam di Kabupaten Malang

Rabu, 30 Juli 2014 09:05 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: aris sugiarto
Sumber Maron Wisata Pemandian Alam di Kabupaten Malang
Sumber Maron, salah satu alternatif wisata pemandian air yang menyajikan pesona alam. Foto: majalahmalangtimur

MALANG (bangsaonline) - Hari ke-2 Lebaran sejumlah tempat wisata di wilayah Malang dibanjiri pengunjung. Meskipun terbilang baru, lokasi wisata yang berada di Kabupaten Malang ini merupakan tempat wisata alternatif yang sangat murah untuk dikunjungi.

Terletak di Dusun Adiluwih Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran, tempat ini tidak sulit untuk ditemukan. Letaknya di selatan setelah stadion Kanjuruhan, Kepanjen.

Wisata Sumber Maron merupakan wisata pemandian alami dengan sumber air yang sangat berlimpah dan sangat jernih.

Komari (35), warga sekitar menyatakan Sumber Maron ditemukan sekitar tahun 2009. "Saat itu airnya hanya digunakan untuk keperluan warga. Namun karena perkembangannya, air yang digunakan dipakai sebagai tenaga penggerak turbin pemutar diesel listrik," ujarnya.

Pembangkit listrik ini bantuan dari pemerintah pusat dan luar negeri yang mampu menjadikan dusun Adiluwih dan desa-desa yang lain menjadi terang benderang. "Hanya saja fasilitasnya ya begini mas, karena itulah yang diandalkan hanya dari karcis masuk lokasi dan pungutan jasa parkir," ungkapnya.

Dari pengamatan bangsaonline, lokasi sumber maron dapat ditempuh dari stadion Kanjuruhan, Kepanjen Malang ke arah Gondanglegi dengan hanya menempuh perjalanan antara 15-20 menit.

Setelah itu akan ditemui sentra penjualan ikan air tawar di sebelah kanan dan kiri jalan dan dari sini dapat bertanya ke warga letak Sumber Maron.

Untuk ke lokasi memang tidak ada papan petunjuk hanya saja kendaraan roda empat dan dua bisa masuk ke dalam desa. Fasilitas jalan desa pun lumayan meskipun aspal jalan banyak yang mengelupas.

Dari lokasi parkir roda empat yang disediakan warga, kita berjalan menyusuri gang kecil hingga ke bawah. Jarak menuju lokasi juga terbilang sangat dekat hanya sekitar 500 meter.

Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan kita akan disunguhkan pemandangan persawahan yang hijau dengan bentuk terasering (sungai bertingkat,red).

Setelah membayar retribusi Rp 1.000 kita dapat masuk ke lokasi dan menjumpai kolam air dengan air jernih yang keluar dari sumber air tanah yang orang-orang menyebutnya umbulan.

Sayangnya Pemkab Malang kurang peduli dengan wisata alternatif ini. Padahal menurut pengakuan warga, mereka sudah melaporkan ke instansi terkait mulai dari desa hingga kabupaten agar dikembangkan.

"Tidak ada respon mas, padahal potensi air bersihnya sangat berlimpah sampai bisa membuat aliran sungai dengan air yang sangat jernih dan dapat diminum langsung," tandasnya. 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...