Festival Balon Udara Warnai Langit Ponorogo

Festival Balon Udara Warnai Langit Ponorogo Salah satu peserta ketika menyiapkan balon yang akan diudarakan.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Langit Ponorogo, khususnya di Lapangan Desa Nongkodono Kecamatan Kauman, Minggu (3/9) berwarna-warni. Di lapangan desa tersebut tengah diadakan Festival Balon Udara yang dipimpin Kapolres Ponorogo AKBP Surya Sudarmadi, S.I.K.,M.H.

“Festival ini diikuti sekitar 41 peserta dari berbagai daerah. Pemenang dapat hadiah uang pembinaan dan trofi,” ujar penanggung kawab Panitia yang juga Ketua PC GP Ansor Ponorogo Syamsul Ma'arif, S.Pdi.

Ribuan pengunjung dengan antusias menyaksikan acara tersebut. Mereka kebanyakan dari warga desa sekitar, bahkan ada yang sengaja datang dari luar Ponorogo.

Kapolres Ponorogo menyatakan, pelaksanaan festival balon udara berawal dari penerbangan balon udara pada saat hari Raya Idul Fitri tahun lalu. Ketika itu masyarakat sangat antusias untuk menerbangkan balon udara.

“Kegiatan ini baru pertama kali diadakan di seluruh Indonesia. Harapan dengan diadakan Festival ini adalah untuk melestarikan tradisi masyarakat Ponorogo dan dapat terus dilaksanakan dan bisa memberikan wadah positif bagi masyarakat dan memberitahukan tentang tata cara penerbangannya agar tidak menganggu penerbangan Pesawat Udara serta untuk menarik para wisatawan dari luar Ponorogo,” ujar Kapolres.

Dandim 0802/Ponorogo dalam sambutannya menyampaikan, Kodim 0802/Ponorogo sangat mendukung kegiatan Festival Balon Udara yang dilaksanakan pertama kali di wilayah Ponorogo. Diharapkan tradisi masyarakat Ponorogo terkait dengan penerbangan balon tetap bisa dilaksanakan setiap tahun. Festival hiharapkan juga dapat memberikan contoh kepada semua lapisan masyarakat tentang tata cara penerbangan balon udara.

“Penerbangan balon udara harusnya diikat dengan tali sehingga dapat dikendalikan dan tidak terlepas bebas yang dapat membahayakan lalu lintas udara atau membahayakan jalur penerbangan pesawat di wilayah Kab. Ponorogo ataupun wilayah lainnya,” ujar dia. (*/ns)

Sumber: *Penrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO