8 Mortir Ditemukan di Lahan Milik Petani di Ponorogo, Diduga Masih Aktif

8 Mortir Ditemukan di Lahan Milik Petani di Ponorogo, Diduga Masih Aktif Total 8 mortir ditemukan di lahan milik Suwito (71), Warga Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. (foto: ist)

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Suwito (71), petani asal Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo terkejut dan kaget lantaran saat hendak menggarap lahan miliknya, dia menemukan beberapa benda yang diketahui adalah sebuah , Senin (1/3/2021).

Penemuan tersebut berawal ketika Suwito hendak menggarap ladang miliknya untuk ditanami jagung. Sebelum mencangkul, dirinya melihat ada sebuah benda besi.

Karena penasaran, dia pun langsung berusaha mengeluarkan besi tersebut, dan tak disangka-sangka ternyata benda itu merupakan , memiliki diameter 10 cm dengan panjang 40 cm lingkar 34 cm dengan berat 34 kg. Mortir yang berhasil dikeluarkan Suwito sebanyak 4 buah. 

Selang waktu kemudian, petugas gabungan dari TNI dan Polri yang tiba di lokasi langsung melakukan sterilisasi dan kembali mengambil 4 buah lagi. Posisinya di bawah penemuan sebelumnya, lantas kemudian membawa total 8 tersebut ke Markas Kodim 0802/Ponorogo.

Kasat Sabhara AKP Edi Suyono mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman lebih jauh tentang tersebut, terkait jenis, nomor seri, dan barang masih aktif atau tidak.

"Karena kita lihat kasat mata barangnya masih bagus dan tidak menutup kemungkinan masih aktif dan bisa meledak kalau ada pemicunya," ujarnya. (nov/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO