Persiapan Bantu Amankan Pilkada 2018, Puluhan Hansip di Kota Malang Ikut Bimtek

Persiapan Bantu Amankan Pilkada 2018, Puluhan Hansip di Kota Malang Ikut Bimtek Puluhan personel pertahanan sipil mengikuti bimbingan teknis di Hotel Savana Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kota Malang sebagai daerah yang turut menggelar Pilwali dan Pilgub serentak tahun 2018 mendatang, mulai melakukan persiapan pengamanan. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada puluhan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), di Hotel Savana Kota Malang, Selasa (29/8).

Bimtek itu sendiri dipandang sangat perlu karena Jatim akan menyelenggarakan Pilkada serentak. Di Jawa Timur sendiri ada 18 daerah menggelar Pilkada serentak dan satu Pilgub. Untuk seluruh Indonesia ada 17 provinsi, 39 kabupaten dan 115 kota yang menyelenggarakan Pilkada.

“Satlinmas memiliki peran sangat membantu terhadap banyak pihak semisal Polri, TNI, instansi dan umumnya masyarakat. Dia juga bisa membantu penangangan bencana maupun pendeteksian dini terhadap ancaman radikalisme atau terorisme," ungkap Dirjen Pembinaan Administrasi Kewilayahan, Drs. Eko Subowo, MBA.

Dia mendorong anggota Linmas terus meningkatkan kekompakan. “Sebagai Linmas harus meningkatkan kepedulian pada lingkungan, tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait terutama Forkopimda. Khusus untuk Pilkada harus mendengarkan bimbingan dari KPUD dan Panwas,” ujar dia menambahkan.

Pemateri Bimtek antara lain dari Satpol PP Provinsi Jawa Timur, disampaikan paparan upaya kesiapsiagaan anggota Satlinmas serta teknik antisipasi dan cegah dini. Materi pola tindak pengamanan preemtif, preventif dan represif dalam menghadapi situsasi gangguan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan simulasi diberikan Polres Malang Kota. (iwa/thu/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO