Pawai Kebangsaan Kota Blitar Meriahkan HUT RI-ke 72

Pawai Kebangsaan Kota Blitar Meriahkan HUT RI-ke 72 Sapa warga Kota Blitar, Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar menaiki kendaraan hias dalam Pawai Budaya HUT RI ke 72. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Rangkaian kegiatan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 diperingati meriah di Kota Blitar. Salah satunya rangkaian HUT RI di Kota Blitar yang menyedot banyak perhatian adalah pawai budaya, yang digelar Sabtu (26/8) siang. Dimulai pukul 12.00 WIB pawai budaya di berangkatkan langsung wali kota Blitar Samanhudi Anwar di depan balai Kota, Jalan Merdeka Kota Blitar.

Wali Kota Samanhudi Anwar melalui wakil wali kota Blitar Santoso mengatakan, pawai budaya tersebut merupakan agenda tahunan Kota Blitar untuk memperingati HUT RI sebagai wujud kebersamaan seluruh elemen di Kota Blitar, mulai dari masyarakat, Forpimda (Forum Pimpinan Daerah), OPD (Organisasi Perangkat Daerah), instansi pendidikan, instansi vertikal, serta instansi swasta di kota proklamator.

"Ini adalah rutinitas yang dilakukan setiap tahun menyambut HUT RI, sebagai bentuk kebersamaan. Sama seperti tema peringatan HUT RI ke-72 yaitu "Indonesia Kerja Bersama"," ungkap Santoso kepada wartawan.

Santoso menjelaskan, meski menjadi agenda tahunan, namun pawai budaya yang diikuti 82 peserta itu terlihat sangat antusias. Tak tekecuali warga Kota Blitar juga nampak memadati setiap jalan yang menjadi rute karnaval. Apalagi pawai budaya tahun ini dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini peserta dari masyarakat umum dan kelurahan berada di barisan depan. Sedangkan instansi pendidikan, OPD, instansi vertikal, dan instansi swasta menyusul di belakangnya.

Selain itu pada pawai budaya tahun ini, Kota Blitar juga mengarak Fariza Putri Sasabila (16), warga Kota Blitar yang pada 17 Agustus menjadi pasukan pengibar bendera dan dipercaya menjadi pembawa baki bendera di Istana Negara.

"Selain itu jika tahun-tahun sebelumnya didominasi peserta yang berjalan kaki, tahun ini kebanyakan peserta menggunakan kendaraan yang dihias sedemikian rupa," terang Santoso.

Di akhir pawai budaya wali kota Blitar Samanhudi Anwar nampak menaiki salah satu kendaraan hias untuk menyapa warga yang sudah menunggu sejak siang. Pawai ini melewati jalan-jalan protokol di Kota Blitar di antaranya jalan Merdeka, jalan Anggrek, dan jalan TGP, pawai budaya finish di depan rumah dinas wali kota Blitar di jalan Soedanco Soprijadi. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO