Kapal Mudik Gratis ke Kangean Overload

Kapal Mudik Gratis ke Kangean Overload ? Calon penumpang melakukan apa saja asal bisa naik kapal. foto:ida okvinita/BANGSAONLINE

SUMENEP (bangsaonline) - Ratusan warga Pulau Kangean, Sumenep, memanfaatkan jasa kapal KM Nadelyn untuk mudik gratis. Terbukti, penumpang kapal mudik gratis tujuan Kalianget-Kangean, yang berangkat Selasa (22/7) pagi, sekitar pukul 10.00 Wib, melebihi kapasitas (overload) dan tidak memperhatikan keselamatan penumpang.

Akibatnya, salah seorang penumpang pingsan diduga kelelahan setelah berdesakan dengan penumpang lainnya.

Kapal KM Nadelyn K mudik gratis yang merupakan Program Pemprov Jawa Timur berkapasitas 200 orang, namun karena jumlah penumpang banyak sehingga dipaksa mengangkut 600 penumpang.

Kepala Seksi Perkapalan dan Keselamatan Pelayaran, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Ach Fadil, menjelaskan, jumlah penumpang yang ikut kapal mudik gratis tujuan Kalianget-Kangean ini memang sangat banyak.

“Penumpang kapal mudik gratis kali ini mencapai 600 penumpang. Sebenarnya kapasitas kapal hanya 200 penumpang, tapi kami sudah mendapatkan izin dispensasi dari Sahbandar,” kata Ach Fadil.

Fadil mengaku terpaksa membiarkan jumlah penumpang yang overload, karena mengantisipasi terjadinya gejolak dari masyarakat yang tidak terangkut.

“Kami tidak bisa mencegah penumpang untuk naik kapal. La.. wong Syahbandar juga mengizinkan karena kapal yang digunakan besar dan memungkinkan untuk ditambah penumpangnya, biarkan saja,” terangnya.

Sementara seorang penumpang kapal mudik gratis yang pingsan itu diketahui bernama Maskur Bainun (35), warga Pulau Kangean, pingsan. Karena kondisi korban mengkhawatirkan, akhirnya diturunkan dari kapal dan dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Kalianget.

Mudik gratis dari Kalianget-Kangean ini akan berlangsung sebanyak 5 trip mudik dan 5 trip balik lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO