Pekan Daerah Petani-Nelayan ke III di Tuban, Ajang untuk Pamerkan Hasil Tanam dan Panen

Pekan Daerah Petani-Nelayan ke III di Tuban, Ajang untuk Pamerkan Hasil Tanam dan Panen Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein saat mencicipi kacang tanah yang dipamerkan di Pekan Daerah Petani-Nelayan ke III. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pekan Daerah (Peda) petani-nelayan ke III tahun 2017 yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban selama dua hari mulai Rabu hingga Kamis (2-3/8), resmi dibuka Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein bertempat di Lapangan Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang.

Kegiatan yang mengambil tema “Kita Tingkatkan Kemandirian, Ketahanan Pangan dan Kedaulatan Kabupaten Tuban” tersebut akan memamerkan hasil tanam dan panen para petani, mulai jagung, kacang, polowijo hingga padi. Jenis bibit dan pupuk juga turut ditampilkan oleh masing-masing perusahaan di bidang pertanian. Tak hanya itu, 70 stand UMKM hasil pertanian juga meramaikan acara ini.

Dalam sambutannya, Noor Nahar Husein berharap melalui acara ini para petani dan nelayan bisa lebih sejahtera. "Adanya pekan daerah harus bisa memotivasi kinerja para petani dan nelayan di Kabupaten Tuban," ujarnya.

“Wilayah Tuban ini sangat cocok semua jenis tanaman, mulai jagung, kacang, padi dan lainnya. Selain itu, hasil laut juga melimpah. Adanya potensi itu Pemkab berharap petani dan nelayan bisa sejahtera," imbuh Noor Nahar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji mengatakan, bahwa acara ini dihadiri oleh 1.500 orang dengan rincian 1.300 orang peserta utama, 160 orang peserta pendamping dan 40 orang peserta peninjau. Mereka diundang dengan harapan dapat meningkatkan motivasi, kegairahan dan kemandirian petani dan nelayan.

“Pada Pekan Daerah ke III ini kami juga memberikan bantuan kepada peralatan dan pohon jeruk nipis kepada para petani, nelayan dan warga miskin,” ujarnya.

Murtadji menyampaikan bahwa saat ini hasil panen pertanian di Kabupaten Tuban sangat bagus. Untuk jagung, Tuban merupakan penghasil tertingi di Jawa Timur. Begitu juga dengan kacang tanah yang melimpah sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan Kabupaten Tuban hingga tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Tidak hanya itu, hasil panen padi hingga bulan Juli minggu ke-4 sudah memenuhi target yang ditentukan oleh pemerintah. Melalui Peda ini, petani dan nelayan semangat, tanggungjawab serta kemandirian harus lebih meningkat," pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO