HUT ke-70, Wabup Tuban: Koperasi Harus Mengikuti Perkembangan Teknologi

HUT ke-70, Wabup Tuban: Koperasi Harus Mengikuti Perkembangan Teknologi foto: GUNAWAN WIHANDONO/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Tuban menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-70 tahun yang dihadiri para penggerak koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertempat di Pendopo Kridho Manunggal, Rabu (2/8).

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein yang hadir dalam acara tersebut berharap agar koperasi senantiasa berbenah diri dan meningkatkan kualitas agar mampu bersaing di dunia Internasional. "Koperasi bukan hanya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi, namun juga dapat menjadi pelopor penerapan teknologi informasi modern," harapnya.

Wabup mengungkapkan, saat di Kabupaten Tuban terdapat 65.696 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan 1.303 koperasi dengan nilai aset lebih dari Rp 600 miliar dan volume usaha lebih dari Rp 670 miliar per tahun.

"Secara nasional, Produk Domestik Bruto (PDB) koperasi sudah mengalami peningkatan, yang semula hanya berkisar 1,75 persen, pada saat ini sudah meningkat menjadi 3,99 persen. Hal ini, tentunya masih jauh dibandingkan negara-negara maju seperti Denmark, Finlandia, Belanda, maupun Perancis yang sudah mencapai 18 persen. Kemajuan koperasi dan UMKM tidak terlepas dari komitmen semua pihak melalui kebijakan program kegiatan yang bersifat Sumber Daya Manusia (SDM), pembayaran dan pemasaran, serta pemanfaatan telnologi," paparnya.

Meski begitu, Wabup meminta penggerak koperasi tidak pesimis meski Indonesia belum sesukses negara-negara lain. “Untuk mencapai itu, koperasi harus inovatif. Jika dulu pembayaran melalui sistem tunai, sekarang sudah sistem online, ini harus diikuti oleh koperasi yang saat ini masih konvensional, sehingga menjadi usaha yang modern,” pesannya

Dalamacara tersebut juga dilangsungkan penyerahan penghargaan dalam rangka gelar kreasi pemuda koperasi Jawa Timur, lomba cerdas cermat hari koperasi, lomba paduan suara, lomba koperasi berprestasi, dan kecamatan penggerak koperasi se-Kabupaten Tuban. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO