Selasa, 15 Juni 2021 19:30

Tanya-Jawab Islam: Suami Belum Melaksanakan Salat Lima Waktu, Apa yang Harus Dilakukan?

Minggu, 30 Juli 2017 14:51 WIB
Tanya-Jawab Islam: Suami Belum Melaksanakan Salat Lima Waktu, Apa yang Harus Dilakukan?
DR KH Imam Ghazali Said MA

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb, Pak Kyai, saya mau tanya bahwa suami saya tidak pernah melaksanakan shalat lima waktu dan saya sudah mengingatkannya tapi tidak pernah dihiraukan sama suami saya, apa yang harus saya perbuat Pak Yai? (Hamba Allah, Indonesia)

Jawaban:

BACA JUGA : 

Tanya-Jawab Islam: Enam Tahun Pisah Ranjang, Tapi Masih Satu Rumah, Mohon Pencerahan

Tanya-Jawab: Uang Hasil Makelaran, Halalkah Komisinya?

Tanya-Jawab: Suami Miliki Jimat Kumis Harimau, Jadi Kuat Segalanya

Tanya-Jawab: Ingin Menikahi Tante dari Ibu, Bolehkah?

Bagi seorang muslim yang baik, memang tidak ada yang dapat dibanggakan dalam kehidupan beragama ini kecuali sudah dapat melaksanakan segala perintah Allah, di antaranya yang terpenting adalah mendirikan salat. Abu Hurairah melaporkan sebuah hadis bahwasannya beliau mendengar Rasul bersabda:

“Amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah salatnya, jika baik salatnya baginya kebahagiaan dan kesuksesan, dan jika buruk salatnya baginya kerugian dan penyesalan ...”. (Hr. Turmudzi:413)

Maka, wajar ketika Ibu meresahkan sikap suami Ibu yang belum melaksanakan salat lima waktu itu. Namun sikap Ibu itu sudah benar, yaitu mengingatkannya, sebagai bentuk peduli Ibu kepada suami agar melaksanakan perintah Allah.

Allah berfirman di dalam surat al-Asr:

“Demi masa. Setiap manusia dalam kerugian. Kecuali mereka yang beriman kepada Allah dan beramal saleh dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan saling mengingatkan dalam kesabaran”. (Qs. Al-Asr)

Ibu tidak hanya beriman dan beramal saleh, tapi sudah masuk tahapan ketiga, yaitu mengingatkan kebenaran sebuah perintah salat dari Allah SWT. Maka, langkah Ibu seterusnya adalah mengingatkan tentang kesabaran terutama kepada diri Ibu sendiri. Sabar untuk terus mengingatkan suami agar sadar dan suatu saat akan melaksanakan salat lima waktu. Sebab kewajiban Ibu adalah menyampaikan dan mengingatkan dan hidayah adalah keputusan Allah. Maka hilangkan emosi pada saat mengajak dan pasrahkan jawaban atas ajakan tersebut kepada Allah SWT, karena Allah lah yang maha memberikan hidayah.

Kedua, selalu mendoakan suami agar segera sadar dan mendapatkan petunjuk. Sebab tidak ada yang dapat merubah takdir kecuali doa. Salman al-Farisi melaporkan bahwa Rasul bersabda:

“Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa”. (Hr. Ahmad)

Maksudnya, kalau memang suami Ibu ditakdirkan tidak melaksanakan salat, maka Ibu dapat berusaha dengan doa untuk merubah takdir tersebut, agar suami Ibu dapat menerima hidayah dan melaksanakan salat. Cara berdoa tidak harus dengan menggunakan bahasa Arab, dengan bahasa apa saja yang penting dapat difahami dan diresapi. Membacakan fatihah bagi suami juga termasuk dalam mendoakan agar segera sadar dan dapat petunjuk.

Ketiga, disamping doa, juga berusahalah meminta bantuan orang lain, ustadz atau kyai atau orang yang dihormatinya untuk mengingatkan suami agar dapat melaksanakan salat. Sering-sering memutar ceramah-ceramah agama di rumah, agar suami juga sedikit banyak dapat mendengarkan nasihat-nasihat agama. Menghilangkan gambar-gambar yang tidak pantas di rumah atau barang-barang yang mengakibatkan Malaikat rahmat tidak mau memasuki rumah tersebut. Dan sesering mungkin rumah itu dihiasi dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran.

Semoga dengan beberapa usaha di atas, tentunya dengan kesabaran yang penuh, Allah mempermudah datangnya rahmat dan hidayah di tengah-tengah keluarga Ibu. Amin. Wallahu a’lam.

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...